Bimas Islam

Zulkifli Latoale Beri Ceramah Pada Acara Walimatussafar di desa Matandoi

Kamis, 8 Juni 2023 15:34 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – H. Moh. Zulkifli Latoale, S.Ag., MH. menghadiri sekaligus memberi ceramah pada Acara perlepasan Jamaah Haji atau Walimatussafar atas nama Naling Paputungan dan Jubaeda Vandem, bertempat di kediamannya calon jamaah haji desa Matandoi, Kec. Pinolosian Timur, kamis (07/06).

Dalam ceramahnya Kasi Bimas Kemenag Bolsel ini menyampaikan tentang balasan bagi haji mabrur. “ Menjadi haji mabrur tentu adalah tujuan dari semua umat muslim yang menjalankan ibadah haji ke tanah suci. Ibadah yang masuk dalam rukun Islam ke-5 ini memiliki ganjaran surga,” katanya.

Hal ini sesuai dengan yang diriwayatkan dalam Hadits Bukhari, Rasulullah SAW menyebut surga sebagai balasan bagi jamaah haji mabrur dari Allah SWT.

الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةُ

Artinya: "Tidak ada balasan (yang layak) bagi jamaah haji mabrur selain surga," (HR Bukhari).


“Haji mabrur bukan hanya diraih seorang yang telah menjalankan ibadah haji dengan mengikuti syariat yang ada tetapi juga memberikan dampak positif setelah ia kembali dari ibadah hajinya.

Dampak positif inilah yang kemudian bisa dirasakan oleh keluarga maupun masyarakat sekitar sebagai bentuk kepedulian sosial,” Lanjut Zulkifli yang juga menjabat sebagai sekertaris IPHI Bolsel.

Kemudian ia juga mengingatkan kepada calon jamaah haji agar tetap menjaga kesehatan, juga mengingatkan untuk lebih mengutamakan pelaksanaan rukun dan wajib haji dibanding dengan  yang lain, agar dapat mempersiapkan pelaksanaah ibadah di Armuzna ( Arafah, Musdalifah, dan Mina) yang menjadi acara puncak pelaksanaan ibadah haji.

Selain itu Zulkifli juga mensosialisasikan tentang persoalan haji, dari prosedur pendaftaran, biaya pendaftaran dan daftar tunggu calon jamaah haji, sehingga ia menghimbau kepada semua warga yang hadir pada acara itu agar segera medaftarkan haji jika sudah mampu,

“ Saya menghimbau kepada semua masyarakat jikalau sudah merasa mampu maka alangkah baikknya segera mendaftarkan haji, mengingat akan daftar tunggu yang kemungkinan akan lebih dari 17 tahun. Bahkan akan di khawatirkan biaya pendaftaran haji akan naik lagi,” Tutup Latoale.

Acara dihadiri oleh camat pintim beberapa Sangadi dari desa tetangga tokoh Agama masyarakat dan undangan.

Untuk diketahui bahwa jamaah haji Kab. Bolsel akan berangkat ke asrama haji Tuminting Manado pada tanggal 14 Juni 2023 dan akan bertolak ke Embarkasi Balikpapan pada tanggal 15 Juni pukul 19.00 Wita. (Et).

 

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -