Sekretariat

"ZONA INTEGRITAS" Hanya Bisa Dicapai Karena Peran Pimpinan.

Selasa, 9 Mei 2023 11:29 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) --  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab. Bolaang Mangondow Selatan (Bolsel) Drs. Nasri Sakamole, M.Si, mengikuti materi tentang pembangunan Zona Integritas, Selasa (09/05).

Bertindak sebagai  pemateri adalah Anggi Laksono, TIM Pembangunan Zona Integritas (ZI) Pusat  Kemenag RI, mengatakan bahwa pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) banyak ditentukan oleh peranan kepemimpinan.

Menurut saya dari banyaknya instrumen yang harus dipenuhi  dalam membangun ZI di intitusi kita Kemenag, peranan pimpinan institusi menjadi sangat dominan.

Kata Anggi Laksono, sekurang-kurangnya ada enam point penting peranan kepemimpinan meliputi, pertama comitmen pimpinan, yaitu cara berpikir dan bertindak dari pimpinan sesuai aturan dan moral, yang ternyatakan dalam ucapan dan perbuatan dalam memimpin institusi.

Kedua kebijakan pimpinan, yaitu langkah strategis, tahapan terukur, yang dipersiapkan untuk mencapai tujuan.

Ketiga Budaya Kerja, yaitu teknis tata k erja dan nilai yang dibangun dan di praktekkan bersama dalam lingkungan kerja pada institusi.

 Keempat, inovasi yakni   merubah cara berpikir untuk melakukan /mengembangkan kebaruan dari cara bekerja dan apa yang dikerjakan,

Kelima, program kerja yaitu sederet rencana kerja yang terukur secara kuantitatif dan kualitatif, serta waktu dan ouputnya.

Keenam yaitu agen perubahan sejumlah orang/sekelompok orang yang siap untuk menjadi pribadi yang berubah dalam sistem berpikir dan bekerja.

Diakhir penyampaian materi laksono menegaskan seorang pimpinan instititusi harus dapat membangun tim kerja  dan lingkungan kerja yang kondosif.

Saat di hubungi Drs. Nasri Sakamole, M.Si mengatakan bahwa Kemenag Bolsel masih  tertinggal dengan Kantor Kemenag lainnya dalam hal pembangunan Zona Integritas dalam hal pengimputan dokumen, akan tetapi dari segi cara kerja dan lingkungan kerja sesungguhnya sudah mendukung tercapainya Zona Integritas menuju WBK  dan WBBM, namun setelah mengikuti materi ZI menuju WBK dan WBBM Nasri Bertekad untuk mewujudkannya.

 

Humas

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -