Bimas Islam

Warga Binaan Tahanan Polres Bolsel Intens Dibekali Pembinaan dan Bimbingan Keagamaan

Kamis, 9 November 2023 12:51 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) - - Dengan adanya Memorandium Of Understanding antaraa Kantor Kemenag Bolmong Selatan dengan Polres Bolmong Selatan maka penyuluh Agama Islam yang berada di bawah Seksi Bimas Islam  memberikan pembinaan terhadap Tahanan Polres Bolsel bertempat di ruang Tahanan Polres Bolsel, Kamis (09/11).

Pembinaan ini merupakan kegiatan ke sekian kalinya, adapun Penyuluh Agama yang memberikan pembinaan adalah Laarpan Lapadang,S.Sos.I, didampingi Ustadz Ilham Muzaffar Lobud, S.HI dan Ustadz Abdullah, S.Kom.I Materi berkelanjutan Kali ini mengupas  tentang ( hikmah Maulid Nabi yang berapa pekan ini baru diperingati)

1. Bersholawat untuk Rasulullah SAW

Peringatan maulid nabi dapat menjadi momentum untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebab, umat Muslim sangat membutuhkan syafaatnya di hari akhir nanti. Selain itu, umat Islam diperintahkan untuk banyak bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana firman Allah:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56),  terang Ustad Arpan Sapaan sehari-hari.

2. Menumbuhkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW

Hikmah kedua dari peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yakni sebagai meneguhkan kembali kecintaan kepadanya dan kembali mengikuti segala ajarannya.

3. Meneladani Nabi Muhammad SAW

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW juga dapat menjadi pengingat untuk meneladani segala perilaku dan perbuatannya, mulai dari kejujuran, keadilan, menyayangi, dan kesabarannya.

4. Meneruskan Perjuangan Nabi Muhammad SAW

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW juga menjadi ajang untuk menumbuhkan semangat perjuangan dan misi beliau dalam mengikuti segala perintah dan larangannya yang tertuang dalam Al Quran dan sunnah. Dengan mengikutnya, bukan hanya menambah keimanan, namun juga memperbaiki akhlak, Beber Lapadang.

 

Diakhir pembinaan Lapadang sampaikan program rutinitas binaan di tahanan mulai bulan depan.

" Jadi mulai bulan depan ada bimbingan secara Intens Pembinaan dan Bimbingan Keagamaan bagi bapak-bapak yang masih belum bisa baca alquran nanti insya Allah akan di bimbing langsung oleh ustadz Ilham dan ustadz Abdullah ," Tutup Ustad Keren ini.

Pembinaan ini dihadiri oleh penghuni lapas dan Pejabat anggota Polres Bolsel. L.L

Humas Kemenag Bolsel

Editor:
Rahmat Hanna
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -