Bimas Islam

Untuk kesekian kalinya Kakan Kemenag Bolsel Tanda Tangan MoU

Selasa, 26 September 2023 17:59 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) --  Bertempat di Gedung Aula KUA Kec. Pinolosian, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)  melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana , Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak ( PPKBP3A) Kabupaten Bolsel pada hari Selasa, (26/09). 

Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) ini dilakukan oleh Kepala Kantor Kemenag Bolsel Drs. H. Nasri Sakamole, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr. Sadli Mokodongan,M.Si dan Dinas PPKBP3A Dra. Suhartini  Damo, ME dan disaksikan oleh Kepala Kantor  Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara H. Sarbin Sehe, S.Ag M.Pd.I dan para tamu undangan yang hadir. 

MoU kerjasama ini tentang Pencegahan Pernikahan dan Penanganan Stunting. Menurut Kakankemenag Bolsel kerjasama ini sebagai upaya meningkatkan kualitas keluarga dan mempersiapkan calon pengantin (catin) untuk mengandung dan melahirkan generasi yang cerdas. “Dengan kerjasama pembinaan ini diharapkan dapat mewujudkan ketahanan nasional yang berawal dari ketahanan keluarga.” papar Nasri. 

Bahkan sebelum adanya MoU, Kemenag Bolsel ikut serta dalam penangan stunting di Kabupaten Bolsel dengan pendekatan agama. Hal ini dibuktikan dengan  Pembacaan Khotbah Jumat mengenai Stunting di seluruh masjid yang ada di Bolsel dan di dengarkan oleh 4.665 jamaah pada hari yang sama. 

Bentuk kegiatan MoU ini juga dilaksanakan oleh setiap KUA (Kantor Urusan Agama) dan Puskesmas Kecamatan. Para Pengantin yang mendaftarkan pernikahannya di KUA setempat diarahkan untuk mengecek kesehatan reproduksinya di Puskesmas yang ditunjuk. Setelah melakukan pengecekan kesehatan, pihak Puskesmas memberikan bukti kertas sebagai konfirmasi telah melaksanakan pengecekan kesehatan jika diminta oleh pihak KUA. 

Penandatanganan MoU ini sangat diapresiasi oleh Kakanwil Kemang Sulut, menurutnya Kemenag Bolsel adalah Kemang yang paling banyak menjalin kerja sama dengan instansi lain.

Turut hadir dalam Penandatanganan MoU, Kabid Bimas Islam, Camat Pinolosian, Kapolsek, Danramil Sangadi Se- Kec. Pinolosaian, Kepala-Kepala KUA, Kasi Bimas, Kasi Pendis, dan Ketua DWP Kemenag Bolsel. (ET). 

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -