Pendis

Tingkatkan Pendataan Emis, Tim Pendis Kemenag Bolsel Lakukan Pendampingan

Selasa, 14 Mei 2024 12:49 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Untuk meningkatkan sistem pendataan Education Management Information System atau lebih dikenal Emis, Tim Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Melaksanakan Pendataan dan Pendampingan Emis Semester Genap TA 2023/2024 Zona II Bertempat di Lokasi Darurat Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Bolsel Desa Biniha Kecamatan Helumo.

Pendampingan Emis ini berlangsung selama 3 hari mulai 13 s.d 15 Mei 2024 dengan peserta pendampingan terdiri dari 5 madrasah yakni MTsN 2 Bolsel, MTs Fastabiqul Khairat, MTs Cokro Duminanga, MA Al-Hidayah Duminanga, Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hidayah Toluaya, Madin dan TPQ Kecamatan Bolaang Uki, selasa (14/05).

Ikhlas Abas selaku Ops. Emis Kab. Bolmong Selatan menyampaikan bahwa Emis 4.0 adalah aplikasi yang akan mengintegrasikan sistem informasi dan data pendidikan Islam yang menjadi dasar kebijakan dan sumber informasi data publik. Data pendidikan menjadi kunci dalam peningkatan mutu layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama,"

"Emis menjadi sangat penting bagi keadaan madrasah untuk kami menghimbau para user champion dan kepala madrasah agar dapat bekerja sama, mendukung, dan melengkapi satu sama lainnya dengan penerapan sistem 4SD (Dukung, Damping, Demi Satu Data)"

Sehingga nantinya dapat dicapai satu data Emis 4.0 dan ekosistem pendataan digital pendidikan yang akurat dan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan," untuk itu Kantor Kementerian Agama Kab. Bolsel melalui Seksi Pendidikan Islam menggelar kegiatan Pendampingan serta Pendataan Emis Madrasah. Data EMIS  sangat penting dan besar peranannya dalam madrasah," tegasnya.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 5 orang peserta Operator EMIS pada Madrasah, Pontren ,serta operator TPQ, di buka langsung secara resmi oleh Kepala MTsN 2 Bolsel Suharto Maspeke, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Hubmas dan TIM Pendis Kemenag Bolsel.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Hubmas dan Tim Emis Pendis, karena telah memilih MTs N 2 Bolsel menjadi lokasi pendampingan Emis, suatu kehormatan atas kedatangan Tim Pendis, karena menurut saya kedatangan tamu merupakan suatu keberkahan, “ ucap Suharto mengawali sambutannya.

 Lanjut Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 2 ini juga mengucapkan permohonan maaf apabila ada kekurangan dikarenakan MTsN 2 hari ini berada di lokasi darurat, “ sekiranya permohonan maaf juga apabila ada kekurangan, karena tempat yang mungkin kurang memadai karena saat ini MTsN 2 masih dalam proses pengerjaan renovasi dan rehabilitasi dari dana PUPR,” ungkapnya.

Kepada Tim Pendis dan Operator Madrasah, Maspeke berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, “ saya berharap pendataan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya, dan untuk operator Madrasah diharapakn dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, kendala-kendala yang terjadi di Emis bisa dikomunikasikan langsung kepada tim Pendis Kabupaten, agar permasalahan bisa diselesaikan pada hari ini juga,” Tutup Suharto Maspeke (Et)

 

Humas 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -