Pendis

TIM Pendis Dampingi Proses BAP, Alhamdulillah EMIS Madrasah Bolsel Hari Ini 100%

Senin, 30 September 2024 21:06 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melalui seksi Pendidikan Islam melaksanakan kegiatan pemutakhiran data Berita Acara Pendataan (BAP) dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (EMIS) 4.0. Kegiatan ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Bolsel, Senin (30/9/24), diikuti operator madrasah dan Guru PAI di wilayah Kecamatan Tomoni dan sekitarnya.

Proses pemutakhiran data ini didampingi langsung oleh penanggungjawab EMIS Madrasah Ikhlas Abas, S.Kom dan EMIS PAI Laarpan Lapadang, S.Sos.I.

Saat dijumpai Tim Humas Kemenag Bolsel, Abas mengatakan, pendampingan ini dilakukan untuk menghasilkan data pendidikan pada madrasah yang akurat. Pemutakhiran data EMIS 4.0 dilakukan sebagai langkah proaktif dalam memastikan bahwa informasi yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut benar dan tepat sasaran.

“ini dilakukan untuk mencegah kegagalan data siwa yang terjadi seperti sebelumnya”, terang Abas.

“agar ketika menghadapi tahun ajaran baru dalam hal ini semester ganjil, madrasah yang ada di Kabupaten Bolsel sudah siap untuk BAP data EMIS 4.0 dan BAP BOS”, katanya.

Pada hari terakhir pendampingan pemutakhiran data EMIS tersebut, Abas juga sampaikan terimakasih kepada selurh operator yang sudah dengan penuh totalitas membantu proses tersebut. "Alhamdulillah, progres Berita Acara Pendataan (BAP) EMIS tingkat madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolsel sudah mencapai 100%. Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para operator madrasah serta kepada seluruh Kepala Madrasah, yang telah bekerja keras dengan penuh totalitas dalam menyediakan data terbaru pada EMIS kita," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Penanggungjawab EMIS PAI Laarpan Lapadang menambahkan pentingnya perhatian setiap guru PAI terhadap perkembangan data masing-masing di era digital. "Dalam Era Digital, setiap guru harus memperhatikan perkembangan datanya masing-masing," tambahnya.

Pengelolaan data yang akurat dan terintegrasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia. "Dengan adanya integrasi ini, kita berharap seluruh data pendidikan agama Islam dapat dikelola dengan lebih baik, sehingga memudahkan dalam proses monitoring dan evaluasi," ujar Lapadang

Pendampingan BAP dan sinkronisasi EMIS PAI dan Emis madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolsel dilakukan dengan mendampingi dan mengawasi penginputan data pada EMIS, yang berlangsung sejak 23 September hingga 30 September 2024. Proses penginputan data dilakukan oleh seluruh operator setiap madrasah dan guru-guru PAI.

Kegiatan ini juga dijadikan sebagai wadah untuk mensosialisasikan kebijakan baru terkait pendataan dan pengelolaan EMIS baru, dan pihak Kementerian Agama berharap adanya kerjasama dari seluruh lembaga untuk mewujudkan sistem pendataan yang semakin baik dan akurat di bidang pendidikan.

Turut hadir dalam monitoring pendampingan ini, Kepala MTsN 3 Bolsel Cand Dr. Rahmat Haluti, S.Pd.I., M.Pd, bersama Operator dan Guru-guru PAI. (AL)

Editor:
Rahmat Hanna
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -