Pendis

Tim Emis Kanwil Kemenag Sulut lakukan Pendampingan BAP Emis, Siaga, dan Dapodik

Kamis, 13 Juni 2024 15:28 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Tim Emis Bidang Pendis Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Eka Wira Putra, M.Pd Bersama Rian Paputungan, S.Pd memberikan pendampingan BAP EMIS Semester II TP 2023/2024 dan Sinkronisasi Emis, Siaga, dapodik pada guru-guru PAI (Pendidikan Agama Islam), Kamis (13/06/2024) bertempat di Gedung PLHUT Kantor Kemenag Kabupaten Bolsel.

Pendampingan BAP Emis Madrasah dan Sinkronisasi Emis, Siaga, dapodik pada guru-guru PAI (Pendidikan Agama Islam) dilakukan oleh Eka Wira Putra Bersama Rian Paputungan. Pendampingan langsung praktek penginputan dan diusahakan selesai pada hari tersebut.

“Diikuti oleh Operator Madrasah dan Guru Pai Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan didampingi oleh Tim Pendis Bolsel Ikhlas Abas, S.Kom dan Laarpan Lapadang, S. Sos.I dan peserta dibimbing langsung untuk pengisian BAP serta sinkronisasi Siaga, Emis, Dapodik”

Eka dalam Arahnya menyampaikan pada Operator Madrasah bahwa Kepala Madrasah harus lebih selektif dalam penerimaan siswa baru maupun siswa pindahan .

Hal ini dikarenakan banyaknya temuan di Daerah yang mengalami kendala terkait dengan pendataan siswa baru maupun pindahan, Jelas Eka

Pada kesempatan yang sama Rian juga mengingatkan agar guru PAI dalam penginputan data harus dilakukan berdasarkan data yang valid, karena merupakan acuan pedoman dalam pencairan TPG (Tunjangan Profesi Guru) Karena Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolsel melalui Seksi Pendidikan Islam sudah menggunakan aplikasi SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama, terangnya

Aplikasi SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan oleh Operator di Kementerian Agama tingkat Provinsi dan Kabupaten berisi laporan rekapitulasi Guru dan pengawas PAI yang diklasifikasikan dalam beberapa kategori antara jenjang, status kepegawaian, sertifikasi, TPG, dan lainnya dan diberlakukan untuk proses pemberkasan sertifikasi guru PAI agar lebih efektif dan terintegrasi dengan Emis, Siaga dan Dapodik, ungkap Rian

Berdasarkan juknis Panduan Aplikasi Siaga Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Tahun 2024, pada Aplikasi SIAGA terdapat akun Login untuk operator Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kabupaten/Kota. Dan akun login guru PAI digunakan untuk guru yang digunakan untuk melakukan perubahan data portofolio, Jadwal dan Tugas, dan Administrasi dan lainnya. (AL)

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -