Pendis

Tes Hafalah Gema Juz 30 Angkatan III Berlanjut ke Tilok 2

Selasa, 15 Oktober 2024 15:00 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Pelaksanaan Tes Hafalan Gema Juz 30 yang dilakukan oleh Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kemenag Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) berlanjut ke titik lokasi 2, yaitu di MTs Negeri 2 Bolsel Desa Biniha Kec. Bolaang Helumo.  

Kepala Seksi Pendis Srinangsi Makalalag, S.Pd M.Pd secara resmi membuka kegiatan Tes Hafalan tersebut didampingi tim penguji  yang diketuai oleh H. Achmad Ma’sum Maspeke, S.Ag.,M.H.

Dalam sambutannya Srinangsih pengucapkan terima kasih kepada kepala-kepala madrasah dan guru pembimbing yang telah berusaha keras melatih siswa dalam menghafal juz 30.

“Saya ucapkan terimakasih kepada kepala-kepala madrasah dan guru pembimbing yang sampai saat ini masih setia mendampingi anak-anak siswa, program gema juz 30 ini merupakan salah satu program yang sudah berjalan dari tahun 2023, ini sudah masuk pada angkatan ke III, saya beraharap kali ini MTsN 2 bisa mengirimkan lebih banyak peserta dari tahun-tahun sebelumnya, “Kata Srinangsi

Selanjutnya beliau berpesan kepada siswa-siswa yang akan diuji agar dapat kosentrasi dalam menyambung ayat yang akan dibacakan. 

“Karena salah satu teknik pengujiannya menyambung ayat yang telah dibacakan penguji maka saya pesan kepada anak-anakku agar tetap   berkosentrasi dan menjaga hafalannya, pengujian ini semata-mata bukan lomba tapi menilai apakah anak-anakku bisa direkomendasikan untuk diwisuda, jika kali ini tidak bisa direkomendasikan maka ada tahap berikut,” pesan Kasi Pendis. 

Terakhir Srinangsi menghimbau kepada guru pembimbing agar tetap semangat dalam melatih para siswa “ terus dilatih murojaahnya, dan harus percaya diri tampil dibanyak orang guna untuk mempermantap sebelum waktu wisudah, saya ucapakan terima kasih juga kepada Kepala MTsN 2 Bolsel karena telah menyediakan tempat, kepada Tim penguji yang telah bekerja dengan baik sehingga kegiatan pengujian hari ini akan tetap dilaporkan kepada Kakan Kemenag, tetap terus berlatih dengan semangat, “ tutup Kasi Pendis dengan penuh semangat. 

Dikesempatan yang sama H.Achamad Ma’sum Maspeke, S.Ag selaku ketua tim penguji sebelum melakukan pengujian memberikan petujuk teknis soal pengujiannya serta semangat kepada para peserta bahwa kegiatan bukan ujian sekolah akan tetapi hanya memastikan bahwa adik-adik benar telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an Juz ke 30.  

“ Intinya tetap fokus, dengarkan soal dengan baik, karena semua model soalnya hanya menyambung ayat yang telah dibacakan oleh para penguji, ini bukan ujian Nasional Sekolah ya, kami hanya memastikan adik-adik telah menghafal qur’an juz ke 30 dengan bacaan yang baik dan benar,” terang Maspeke.  

Proses pengujiannya berlangsung hingga 2 jam dari pukul 10.00- 12.00 wita dengan 13 Peserta yang masing-masing terdiri dari MTs N 2 Bolsel berjumal 5 orang, MTs Cokro Aminito berjumlah 1 Orang, MAS Duminanga berjumlah 3 orang dan MIS Biniha Timur berjumlah 2, MTs Piniloantungan berjumlah 2 Orang serta didampingi langsung oleh Kepala Madrasah dan guru pembimbingnya. (Et)

 

Humas

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -