Pendis

Srinangsi Monev Pelaksanaan AKMI tahun 2023 di MA Alfalah Tolutu

Rabu, 4 Oktober 2023 11:27 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) - Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Srinangsi Makalalag, S.Pd. M.Pd dan Tim lakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Asesmen Kompetisi Madrasah Indonesia (AKMI) pada MA Alfalah Tolutu, Rabu (04/10). 

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, pelaksanaan AKMI untuk tingkat MI dimulai tanggal 2-14 Oktober sedangkan untuk tingkat MTs dan MA pada tanggal 4-14 Oktober 2023. 

Tujuan dilaksanakannya  Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) menjadi bentuk evaluasi baru di bidang pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam. AKMI merupakan evaluasi yang digunakan untuk memetakan mutu sistem pendidikan dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi. 

Kepala Seksi Pendis Srinangsi Makalalag, S.Pd.M.Pd didampingi Pengawas Madrasah Okter Engka, S.Pdan staf pendis monitoring langsung pelaksanaan AKMI tersebut. 

Kepala Madrasah Any Mokolintad menyebutkan pelaksanaan AKMI di MA Alfalah Toluti diikuti oleh 38 siswa-siswa/i kelas XI (sebelas) menggunakan Momputer yang dibagi menjadi 2 sesi. Pelaksanaan tersebut akan berlangsung selama dua hari

Kasi Pendis Srinangsi berharap pelaksanaan AKMI di MA Alfalah Tolutu dapat berjalan lancar sampai selesai. Ia juga berharap dengan adanya AKMI tersebut, kemampuan siswa/i akan literasi yang diuji dapat tercapai sehingga, kedepannya bisa menjadi bahan untuk perbaikan yang akan berpengaruh untuk madrasah. "Hal ini sejalan dengan tujuan pelaksanaan AKMI yaitu untuk mengukur kemampuan siswa/i dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi Sains dan literasi sosial budaya yang sasarannya adalah siswa/i kelas XI (sebelas)" Ujarnya.

Pelaksanaan Monev juga dilakukan untuk memastikan pelaksanaan AKMI sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4404 Tahun 2023,  diantaranya ruang Asesmen yang aman dan layak memiliki pencahayaan dan ventilasi yang cukup, tempat duduk peserta, pembagian sesi beserta komputer yang akan digunakan, adanya informasi pengumuman pelaksanaan AKMI, serta Penugasan proktor dan pengawas. 

Proktor, pengawas dan peserta juga ditekankan harus mematuhi tata tertib yang berlaku, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

Humas 

Editor:
rahmathanna

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -