Bimas Islam

Seksi Bimas Islam Kemenag Bolmong Selatan Laksanakan Pengukuran Arah Kiblat

Rabu, 28 Agustus 2024 11:44 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag)  – Salah satu tugas dan fungsi Seksi Bimas Islam adalah memberikan pelayanan pengukuran arah kiblat yang baru maupun kalibrasi, maka masyarakat dipersilahkan untuk mengajukan permohonan layanan. Arah kiblat sesuatu hal yang penting adanya, bukan saja ketika shalat, akan tetap ketika pemakaman jenazah pun harus diperhatikan.

Salah satu syarat sahnya salat adalah menghadap qiblat atau mengarah ke ka’bah di kota Makkah. Masjid dan Mushala perlu diukur arah qiblatnya dengan sempurna. Adapun tujuan dari pengukuran arah qiblat adalah Supaya pengetahuan masyarakat tentang penentuan arah kiblat meningkat dan lebih baik, serta menghindari adanya kesalahan dalam menentukan arah kiblat salat berjamaah di masjid ataupun musholla, begitu juga dengan arah penguburan.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan ibadah kepada masyarakat dalam hal penertiban arah kiblat sebagai penyempurnaan ibadah, rabu(28/08/2024), tim Badan Hisab Rukyat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Momgondow Selatan yang dipandu oleh H.Moh. Zulkifli latoale selaku Kepala Seksi Bimas Islam , Ketua Tim Hisab Rukyat H. Achamad Ma’sum Maspeke dan Penyuluh Agama, melakukan pengukuran arah kiblat di masjid Al-Magfirah, Desa Kombot Timur, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolsel.  Hal ini sebagai tindaklanjut dan respon cepat atas permohonan pengukuran arah kiblat yang diajukan oleh pengurus takmir masjid Al- Magfirah.

Pengukuran arah kiblat ini berdasarkan matahari. "Karena metode yang di gunakan adalah dengan matahari yang biasa di sebut dengan rasdul qiblat, maka pengukuran arah kiblat hanya bisa dilakukan pada siang hari saat cerah", kata Ma’sum.

Rashdul Qiblah merupakan peristiwa ketika matahari berada di atas Ka’bah sehingga bayangan benda yang terkena sinar akan menunjukkan arah kiblat.Hal ini yang membedakan dengan hari-hari biasa, ketika matahari juga melintas di atas ka’bah, tapi bedanya ketika fenomena ini matahari tepat berada di atas ka’bah secara presisi, atau bisa dikatakan mencapai titik 90 derajat.

Pengukuran dilakukan mulai pukul 09.20 WIB, selain berpatokan kepada Matahari pengukuran juga menggunakan alat-alat pendukung lainnya seperti Kompas, tongkat istiwa, dan berbagai peralatan modern seperti Google Earth, GPS (Global Positioning System), dan aplikasi smartphone untuk mengukur arah kiblat.

 Pengukuran arah kiblat ini turut disaksikan oleh Kepala KUA Pinolosiain Ibnu Hajat Yakasa, Pemerintah Desa Kombot Timur,  yaitu Sangadi, Sekertaris Desa,  imam dan Aparat Desa serta tokoh Masyarakat. (Et)

 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -