Pendis

Sekretaris DCU, Komponen 1 dan Koordinator Komponen 4 Ikut Rakor Evaluasi Penyusunan Laporan Program REP-MEQR Tahun 2023

Sabtu, 9 Desember 2023 20:29 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) Seksi Pendidikan Islam Kemenag Bolsel, Okter Engka, S.Pd Kompenen Satu, Laarpan Lapadang, S.Sos.I Sekretaris DCU dan Moh. Erlangga Gobel, S.Kom Koordinator Komponen Empat mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi PCU dan DCU Evaluasi Pelaksanaan dan Penyusunan Laporan Program Rep-MEQR Bidang Pendidikan Islam Tahun 2023, pada 8-10 Desember 2023 di Hotel Quality Manado.

Program REP-MEQR ini merupakan sebuah program yang dimana memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama pada tahun 2023, dengan adanya kerjasama antara Kemenag dengan Bank Dunia.

Kegiatan ini turut dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh H. Ahmad Soleh, M.Pd. Kegiatan ini juga turut serta dihadiri oleh Ketua DCU, Sekretaris DCU Kab/Kota serta Koordinator komponen Empat se Provinsi Sulawesi Utara.

Pada sambutan pembukaannya, Ahmad Soleh menyampaikan bahwa acara ini merupakan evaluasi dalam rangka pelaksanaan program REP-MEQR yang dilaksanakan pada tahun 2020 hingga 2024. Beliau menambahkan bahwa program dari REP-MEQR yang dilaksanakan terdiri dari 4 komponen, yaitu:

1. Komponen e- RKAM, yang berupa Rencana Kerja dan Anggaran madrasah berbasis elektronik yang berfokus pada bantuan kinerja dan bantuan afirmasi.

2. Komponen AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia), yang dilaksanakan mulai dari jenjang MI, dan piloting pada tingkat MTs dan MA, melalui sistem online, yang kemudian hasilnya dapat menjadi penentu kebijakan dalam memperbaiki mutu madrasah.

3. Komponen PKB ( Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

4. Komponen EMIS (Education Management Information System)

“Semua komponen tersebut adalah upaya dalam meningkatkan mutu di madrasah, serta program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dari Kepala Madrasah, Pengawas, dan Guru dalam kinerja untuk kemajuan madrasah” ungkap Ahmad Soleh.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Moh. Erlangga Gobel sebagai User Champions Emis Bolsel saat ditemui humas beliau mengatakan bahwa kegiatan ini juga masing2 User Champions di 15 Kabupaten kota mempresentasikan Progres Emis Dimasing-masing kabupaten.

"Untuk Bolsel tugas Saya mempresentasikan Emis sudah selesai dan Alhamdulillah Bolsel menduduki peringkat Pertama untuk 15 kabupaten karena progres verval BAP EMIS sudah mencapai 100%", Terang Erlangga. (LL)

Editor:
Rahmat Hanna
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -