PHU

Sakamole Sampaikan Materi Sistem Pengorganisasian Pelaksanaan Haji pada Manasik Haji

Jumat, 26 Mei 2023 13:18 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Drs. Nasri Sakamole, M.Si mengisi materi Sistem Pengorganisasian Pelaksanaan Haji pada kegiatan Manasik Haji Reguler tingkat Kecamatan di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PHUT), Jum’at (26/05).

H. Achmad Ma’sum Maspeke, S.Ag., MH selaku Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) menyampaikan bahwa calon jamaah haji yang berada yaitu berjumlah 18 orang JCH. Dan Manasik Haji dilaksanakan selama 10 kali. 

Ka.Kemenag dalam pemaparannya mengatakan, terdapat 3 sistem penata laksanaan organisasi dalam 1 tim yang jumlahnya 294 orang setiap Kloter.

“ Dalam tata laksana pelaksanaan haji terdiri dari ketua kloter, ketua rombongan dan ketua regu, alhamdulillah untuk kloter 16 saya yang menjadi ketua kloternya pada wilayah Bolmong Raya. Ketua Kloter tentu bertanggung jawab penuh terhadap 294 jamaah haji secara keseluruhan. Jadi pengorganisasian kegiatan haji dibawah tanggung jawab ketua kloter,” Jelas Kakan Kemenag.

“selanjutnya ada ketua rombongan, dan ada ketua regu yang beranggotakan 10 orang, agar terciptanya koordinasi yang baik antara ketua kloter, ketua rombongan serta ketua regu maka akan diadakan rapat yang di fasilitasi oleh Kanwil, agar supaya masing-masing mengetahui, fungsi dan kewenangannya,” tambahnya.

Kemudian Kakan Kemenag  mengatakan bahwa sebagai ketua kloter akan melaksanakan tugas dengan baik.

“ Kakanwil pernah berpesan bahwa tidak ada kepala Kantor yang ada hanya petugas, dan makbulnya hajinya petugas tergantung makbulnya haji jamaah yang dilayani. Artinya saya bertanggung jawab melayani bapak ibu, dan saya berharap kepada bapak-ibu agar selalu ikut dalam pelaksanaan manasik haji, sehingga pada saat pelaksanaan ibadah di tanah suci terlaksana dengan baik.” tutup Sakamole.  (Et)

 

Lampiran :
Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -