Bimas Islam

SAKAMOLE : KUA Mensosialisasikan Pemanfatan PUSAKA untuk Pelayanan di KUA.

Rabu, 6 September 2023 15:33 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) Kemenag telah memiliki beberapa digitalisasi layanan publik, baik untuk pendaftaran haji online, pendaftaran nikah online, pengajuan perpanjangan ijin operasional bagi biro/lembaga, dan lain sebagainya. Sebagai bentuk transformasi layanan umat, Kemenag menginisiasi beberapa layanan tersebut dalam sebuah aplikasi yang diberi nama PUSAKA (Pusat Layanan Keagamaan).

PUSAKA merupakan aplikasi yang menghadirkan berbagai fitur layanan online Kementerian Agama untuk masyarakat, misalnya, pendaftaran haji, pendaftaran nikah, sertifikasi halal dan lain sebagainya. Jadi lewat 1 aplikasi, bisa mengakses berbagai layanan Kemenag.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bolsel Drs. H. Nasri Sakamole, M.Si  menekankan kepada Kepala KUA agar dapat mensosialisasikan pemanfaatan PUSAKA untuk mendukung Pelayanan KUA.

Hal ini disampaikan pada rapat Bimas Kemenag Bolsel, rabu (06/09) yang bertempat diruang kerjanya  “Jadi kita tidak perlu lagi menginstal beberapa aplikasi untuk menerima layanan Kemenag, cukup instal aplikasi PUSAKA. All in one, ” imbuhnya.

“ jadikan Aplikasi PUSAKA sebagai instrumen untuk mendukung pemberian pelayanan dimasing-masing KUA dengan cara meminta kepada catin untuk menginstal PUSAKA, untuk tahun 2024 semua KUA di Bolsel sudah mengarahkan masyarakat untuk mendaftarkan pernikahan melalui PUSAKA, karena Aplikasi ini banyak memberi keuntungan informasi yang dibutuhkan tanpa harus datang ke kantor. ” Tambahnya.

Sakamole berharap, inovasi layanan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Semoga hadirnya PUSAKA sebagai wujud nyata transformasi layanan umat yang dilakukan oleh Kemenag, mampu memberikan kemanfaatan dan kemudahan bagi masyarakat,” pungkasnya. (ET)

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -