Bimas Islam

Safari Ramadhan, Laarpan Lapadang: Ramadhan adalah Madrasah Terbaik

Selasa, 4 April 2023 07:45 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) – Penyuluh Agama Islam Kemenag Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Laarpan Lapadang,S.Sos.I memberikan ceramah pada Safari Ramadhan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah(Pemda) Kab. Bolsel bertempat di Masjid Babul Jannah Desa Onggunoi Selatan Kec. Pinolosian Timur, senin (03/04).

Lapadang juga termasuk dari salah satu Tim Safari Ramadhan Pemda Bolsel yang diketuai oleh H. Sumitro Paidiko, SE dengan 10 anggota, dan ditugaskan menjadi Penda’i dalam tim Safari Ramadhan ini.

Dalam ceramahnya beliau mengulas tentang pentingnya puasa ramadhan sebagai Madrasahnya Allah tempat untuk menggodok Hamba agar kelak meraih gelar yang lebih tinggi dari Institusi perguruan tinggi manapun yang ada di Bumi ini yaitu Predikat “TAQWAH” (La’allakum Tattaqum)

“ Sebenarnya, ibadah puasa ramadhan adalah madrasah Allah SWT, menghidangkan Ramadhan sebagai ‘sekolah’ bagi kaum beriman untuk belajar, menuntut ilmu dan mengisi ulang (recharge) keimanan sebagai media membangun karakter dan peningkatan ketakwaan kita sebagai hamba Allah SWT. Di madrasah ini peserta didik (baca- orang yang beriman) belajar banyak hal berhubungan dengan Allah SWT (hablum minallah) dan dengan manusia (hablum minan-nas),”ungkap Lapadang.

Apakah madrasah punya kurikulum? Madrasah ini memiliki kurikulum universal yang berisi kompetensi inti, yaitu Al-Baqarah ayat 183 “ Hai orang-orangyang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibka atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” sedang kompetensi dasar peserta didik diwajibkan mengenal dan melaksanakan wajib puasa , syarat sah puasa, rukun puasa, puasa sunnah, makruh dilakukan saat berpuasa, dan hal yang membatalkan puasa.

“Apakah madrasah ini punya buku teks? Tentunya madrasah ini menggunakan Al-Qur’an dan Hadits sebagai panduan dalam proses pembelajaran.Nilai-nilai dalam kedua ‘buku pelajaran’ ini menjadi rujukan bagi guru dan peserta didik dalam mengembangkan kompetensinya.

Terakhir Siapa yang menjadi guru di madrasah ini? Inilah keistimewaan madrasah ini. Guru dan tenaga pendidik di madrasah ini adalah diri sendiri. ‘Diri sendiri’ lah yang mengajar, membimbing, membina dan melatih diri sendiri berdasarkan ‘kurikulum’ yang sudah diberikan. Baik buruknya kualitas diri sangat tergantung dari diri sendiri

Dalam penyampaian kultumnya Lapadang menyelipkan, Sebagai Agen Pemerintah lewat MOU Kominfo dan Kemanag lewat PIP (Penyuluh Informasi Publik) ada beberapa Program Pemerintah yang harus di Sosialisasikan kepada masyarakat diantaranya Program BPJamsostek, Yaitu Jaminan Hari tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan, lebih Menggembirakan lagi Pendaftarannya Garatis, Jika Ada yang berminat ingin mendaftar, saya siap membantu untuk mendaftarkannya” tutup Lapadang.

Kontributor : Laarpan Lapadang

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -