Sekretariat

Safari Ramadhan ke 8,Sakamole : Zakat Sama Pentingnya dengan Sholat dan Haji

Kamis, 30 Maret 2023 22:50 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus memaksimalkan amaliyah ramadhan 1444 H/2023M, dengan melaksanakan safari ramadhan, di hari ke 8, malam tarwih ke 9, bertempat di Masjid Agung An-Nur Molibagu, kamis (30/03).

Kepala Kantor  Drs. Nasri Sakamole, M.Si diminta pengurus masjid untuk menyampaikan ceramah tarwih pada jamaah yang relatif masih memenuhi masjid.

Sebagaimana biasanya  Nasri Sakamole diawal ceramah, mengajak jamaah bersyukur kepada Allah swt, atas segala karunia iman, islam dan kesehatan, bahkan umur sehingga masih menemui puasa tahun ini, karena tidak sedikit orang yang tahun ini tak berjumpa lagi dengan Puasa.

Selanjutnya Beliau terus mengingatkan lagi  tentang keadaan Bolsel yg sudah sangat menghawatirkan tentang banyaknya kasus pencabulan, pernikahan dini, dan perceraian.  Untuk Nasri mengajak semua pihak, peran ormas-ormas keagamaan, kepemudaan, kemasyarakatan.

“mari kita sama-sama untuk segera, "turun tangan" kalau tdk cukup turun tangan, maka sekalian saja "turun kaki" disambut tawa oleh jamaah, maksudnya adalah kita semua bergerak bahu-membahu, melangkah bersama dengan tindakan nyata,”Ajak Nasri  

Lebih lanjut Nasri mengatakan bahwa masjid harus diramaikan dengan anak muda, pengurus masjid mengaktifkan secara terus menerus aktifitas remamuda, remaja masjid dan pemuda.

Kita sebagai orangtua juga mengajak anak-anak kita ke masjid, marilah masjid menjadi ramah terhadap anak, sambil berkelakar Nasri berucap "kalau kita ortu meninggal/mati maka merekalah yg menggantikan,” Ucap Kakan Kemenag.

Pada saat bersamaan sakamole mengundang salah seorang anak untuk membaca doa tidur dan bangun tidur, sekaligus memberi hadiah uang Rp.100.000, hingga momet ini disambut dengan ucapan alhamdulillah oleh jamaah, Makanya kata sakamole kita orangtua janganlah marahi anak kalau mereka datang di masjid.

Pada momen ceramah ini, Kepala Kantor juga mensosialisasikan Surat Keputusan Kepala Kantor Nomor : 0595 Tahun 2023 tentang penetapan Besaran Zakat Fitrah  bagi Umat Islam di Bolsel yg baru saja di tandatangani, dan mengurai tentang eksistensi zakat dalam Islam.

Zakat adalah bagian   Rukun Islam dari lima rukun Islam. Tapi pada prakteknya rukun Islam yang ke empat, sangat tertinggal pelaksanaannya dibanding dengan rukun islam ke1, 2, 3 dan ke 5. Masih ada muslim yang sholatnya bagus, puasanya bagus tapi zakat belum baik terutama zakat mal/harta, bahkan orang untuk naik haji menabung berpuluh tahun, tapi zakat malnya masih kalah dengan zakat "moll" kita lancar keluarkan  zakat moll tetapi macet zakat malnya,”ujarnya disambut tawa oleh jamaah,

Diakhir ceramahnya Sakamole mengingatkan bahwa orang yang tidak mengeluarkan zakat fitrah nanti pahala puasanya akan terambang antara langit dan bumi, belum bisa diterima oleh yg berpuasa, sedangkan orang yang hartanya sdh mencapai nisab dan tidak dikeluarkan zakatnya, kalau mereka mati, maka saat dalam kubur akan didatangi oleh ular yang melilit leher dan menggit badan, sambil ular berkata inilah hartamu dulu di dunia yang tidak kamu keluarkan zakatnya. Sambil beucap "karena ceramah sdh melewati tujuh menit maka saya mohon maaf, sambil membaca wassalamu alaikum wr.wb.”Tutup Nasri

Membuat jamaah yang masih serius mendengar ceramah Nasri Sakamole berteriak " yah…. tagantong" artinya jamaah masih senang mendengar tetapi ceramah sudah berakhir.

Hadir dalam tim safari Kepala Kantor Kemenag Bolsel dimalam ini adalah, Kepala Kua Kec. Bolaang Uki Djuman Karenge, S,Ag, Kepala Kua Kec. Pinolosian Ibnu Hajar Yakasa, S. HI, Para Penyuluh dah guru- guru madrasah disekitarnya.(Et).

 

 

Kontributor : Elen Tontoli

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -