Berita

Safari Ramadhan Kali ini Sakamole Jambangi Masjid Alhidayah Linawan Satu

Kamis, 21 Maret 2024 23:45 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) --- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melaksanakan Safari Ramadhan di wilayah Kecamatan Pinolosian, tepatnya di Masjid Alhidayah Desa Linawan Satu, Kamis (21/03/2024) malam hari.

Tim safari dipimpin oleh Kepala Kantor H. Nasri Sakamole didampingi Kasi Bimas Islam, Kasi Pendidikan Islam, Ketua DWP, Kepala KUA Pinolosian serta melibatkan Penyuluh Agama Islam.

Kegiatan Safari diawali dengan Buka Puasa Bersama Sholat Magrib, Isya dan Tarawih bersama kaum muslimin seputaran Masjid Alhidayah dan yang bertindak selaku Imam ASN PAI Kemenag Ustadz Ilham Muzaffar Lobud, S.HI.

Dilanjutkan dengan ceramah Agama oleh Kakan Kemenag yang dalam tausiyahnya H. Nasri Sakamole mengajak kaum muslim untuk Selalu bersyukur Kepada Allah SWT atas semua nikmat yang diberikan diantaranya adalah nikmat bernafas.

 Disetiap kita bernafas alangka cintanya Allah kepada kita nafas yang kita keluar dan hembuskan tidak perna dihentikan walau hanya sekejap saja, bayangkan andaikan kita menarik nafas dan tidak diturunkan lagi oleh Allah, maka apa yang terjadi coba? Ya pasti kita akan mati,tuturnya
 
Di kesempatan yang sama H. Nasri Sakamole menyampaikan
Setiap individu harus mengimani/meyakini,bahwa hanya Agama Islamlah satu-satunya Dien yang benar dan diridoi Allah SWT. Hal ini sesuai firman Allah dalam Surat Ali Imran ayat 19 Artinya : Sesungguhnya Agama yang diridoi Allah hanyalah Agama Islam. Begitu pula pada Surat Ali Imran ayat 85-nya :

Artinya : Barangsiapa yang mencari Agama selain Agama Islam,maka sekali-kali tidaklah akan diterima Agama itu oleh Allah dan dia di Akhiratpun termasuk orang-orang yang merugi.

Seseorang yang mnginginkan kwalitas ke-Islamannya baik,idealnya memang tidak ada kata lain,yaitu mempelajari Agama Islam dengan sungguh-sungguh dan sedalam-dalamnya. Bahkan bila bicara soal belajar, ada nasehat dari Allah SWT.
Bagi setiap orang di dalam mempelajari agama Islam, yaitu : “ Jangan ikut-ikutan ” alias “ taqlid buta ”,tapi “ harus berdasarkan ilmu”.Seperti Penerapan Shaf Kita ini juga berdasarkan Ilmu, Bukan Ikut-ikutan, jelasnya.

Selanjutnta Sakamole membahas Surat Al Alaq, ayat ini adalah wahyu yang pertama diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw melalui perantaraan malaikat Jibril yang bertugas penyampai wahyu Allah kepada para nabi dan rasul. 

" Menurut bapak/ibu jamaah  mengapa ayat Al-Qur'an pertama turun disampaikan pada Baginda Rasulullah saw adalah Perintah Membaca? (Iqra'). Bukan perintah melaksanakan  Sholat, bukan perintah berhaji, atau melaksanakan ibadah puasa seperti saat ini sedang kita kerjakan?" Tanya Sakamole kepada Jamaah sambil memberi kesempatan pada jamaah untuk merespon pertanyaan tersebut. 

"bapak/ibu para jamaah pasti tahu jawabannya dengan perspektif /cara pandang yang berbeda-beda," kata Nasri. 

Selanjutnya Nasri Sakamole mengajak jamaah untuk membahas lebih dalam tentang  perintah membaca dalam wahyu pertama ini. 

Menurut Kepala Kepala Kantor  perintah "Iqra'/membaca" adalah ajaran yang paling mendasar dalam agama Islam. "Pesan pentingnya adalah setiap amal ibadah dalam Islam selalu terkoneksi dengan ilmu pengetahuan. Orang belum bisa  mengerjakan sholat dengan baik tanpa didasari pada ilmu tentang sholat, seperti rukun sholat, syarat-syarat sahnya, tumaknina dan kekhusuan dalam sholat.  Begitu juga ibadah lainnya dapat dikerjakan dengan sempurna  jika kita mengetahui ilmunya dari hasil kita membaca/belajar," ungkap Nasri serta memberi apresiasi pada imam sholat Isya yang bacaan Al-Quran dan tumaknina sholat yang sudah baik. 

Diakhir ceramahnya Sakamole memberi penguatan kepada  jamaah tentang eksistensi lembaga pendidikan madrasah. 

" Bapak/Ibu para jamaah itulah pentingnya ada lembaga pendidikan madrasah mulai dari Raudhatul Atfaal (RA) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah(MA) ditengah-tengah umat Islam. Ditempat inilah anak-anak kita dididik untuk  mengetahui isi kandungan Al-Quran/ajaran Islam dan akan mengamalkan serta meneruskan risalah agama ini ke generasi berikutnya. Jangan ragu-ragu menitip anak bapak/ibu para jamaah untuk belajar di madrasah. Madrasah kita di Bolsel saat ini sedang melaksanakan dua program unggulan, pertama Gerakan Menghapal Al-Qur'an Juz 30 (GEMA Juz 30) dan kedua Gerakan Memperkuat -Prestasi Akademik Siswa Madrasah Bolsel (GEM-PASIMBOL)," tutup sakamole dalam ceramahnya. 

Pelaksanaan Safari Ramadhan tahap awal ini berjalan dengan baik, seluruh pengurus masjid Alhidayah Desa Linawan mengucapkan terima kasih kepada tim safari Kemenag Bolsel atas kunjungan tersebut. (LL)

 

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -