Berita

Pimpin Upacara Peringatan HSN, Haji Nasri Sakamole Bacakan Sambutan Menteri Agama RI

Minggu, 22 Oktober 2023 11:17 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Momgondow Selatan (Bolsel) Drs. H. Nasri Sakamole, M.Si membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, ketika menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 tingkat Kabupaten Bolsel, Minggu (22/10/2023). Kegiatan tersebut digelar di halaman upacara MTsN 1 Bolsel Desa Tolondadu II, Kecamatan Bolaang Uki dan diikuti oleh seluruh santri dari Ponpes Hidayahtullah Adow, Ponpes Al-hidayah Toluaya, para guru madrasah serta perwakilan siswa/i madrasah se-Kabupten Bolsel. 

Menurut Menag, seperti yang dibacakan oleh Nasri Sakamole bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan. 

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri mengangkat Tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" yang kami angkat pada peringatan Hari Santri kali ini, memiliki makna yang mendalam. " Hari ini, kita akan merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa. Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari". Kata Menteri Agama. 

Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. 

Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia. Semangat jihad mereka dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat patut kita teladani.

Hari Santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini. Sebagai generasi penerus, kita harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum. 

Santri Indonesia yang saya banggakan,

Kita harus menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara. Oleh karena itu, mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan. Bersama-sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan. Saat ini, negara kita menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang kompleks. Di tengah dinamika global yang terus berubah, santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat. 

Mari kita bersatu, terus berjuang, dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri ini. 

Terakhir, saya mengajak kita semua untuk selalu berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan kita petunjuk, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada "Jihad Santri Jayakan Negeri." 

Semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa. Amin.

Mari kita kepalkan tangan dan bersama-sama mengucapkan: HARI SANTRI 2023... BERDAYA MENJAGA MARTABAT KEMANUSIAAN," Demikian Pesan Menag RI dalam sambutan tertulisnya. 

Turut Hadir dalam upacara HSN ini yaitu Danramil 1303-08/BU Diwakili oleh Serka Jafar, Kapolres bolsel diwakili waka polres Kompol Sumaji, S.Sos, Kapolsek Bolaang uki diwakili Kasium Aipsa Dedy Zamhuri, Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki yang diwakili oleh Panitera Muhammad Mukhtar Luthfi, S.Ag., Ketua FKUB Drs. Ramin Pulumoduyo, Ketua MUI Muhammad Pakaya, Muslimat NU Risman Muhiba. (Et) 

Upacara tersebut didukung oleh Pasukan Pengibar Bendera,Paduan Suaran dan Pelaksana upacara lainnya dari  MTsN 1 Bolsel. (Et). 

Humas

 

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -