Bimas Islam

Persiapkan Kampung Moderasi Beragama, Kemenag Bolsel Temui Kades Tolotoyon

Jumat, 19 Mei 2023 09:12 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Dalam rangka melaksanakan program kerja tahun 2023 khususnya pembentukan kampung moderasi beragama. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)  melalui Seksi Bimas Islam menggelar pertemuan terkait persiapan Perintisan Kampung Moderasi Beragama, Rabu (17/05/2023) di Kantor Desa Tolotoyon, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolsel.

 Dalam pertemuan yang dihadiri oleh, Kepala Seksi Bimas Islam Moh. Zulkifli Latoale, S.Ag., MH, Penyuluh Agama Islam, Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Pinolosian, Staf Bimas Islam dan Kepala Desa,  Kasi Bimas memberikan arahan dan menyampaikan hasil Rakernas Kemenag RI Tahun 2023 tentang Program Kampung Moderasi Beragama

“ Kampung moderasi beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Tujuannya adalah memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung. Program Kampung Moderasi ini akan mencoba menyatukan berbagai perbedaan terutama dalam hal agama atau kepercayaan untuk saling menghargai dan menjunjung toleransi. Nantinya kampung moderasi bisa dijadikan sebagai role model mengenai indahnya rasa persatuan dalam berbagai perbedaan, Jelas zulkifli.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa perintisan kampung moderasi beragama ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2023.

“ Program kampung moderasi beragama untuk wilayah Bolsel akan dibentuk pada 2 desa, yaitu desa tolotoyon dan desa molibagu, insyah Allah pada tanggal 25 mei 2023 akan dilaksanakan perintisan kampung moderasi beragama yang akan dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Sulut. Kampung moderasi beragama ini akan menjadi kampung binaan penyuluh agama,” ungkap Latoale.

Dikesempatan yang sama, Kepala Desa Tolotoyon, Rusyanah Rasyid, mengaku sangat bangga dan menyampaikan rasa terima kasih kepada Kantor Kemenag Bolsel karena telah memilih serta mempercayakan Desa Tolotoyon menjadi salah satu daerah yang ditetapkan bakal menjadi kampung moderasi beragama. (Et)



 

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -