PHU

Penyuluhan Manasik Sepanjang Tahun Kantor Wilayah Kemenag Sulut di Kabupaten Bolsel

Selasa, 26 September 2023 19:06 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag)– Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Menggelar kegiatan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun bagi para calon jemaah haji oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulut di Kabupaten Bolsel. 

Penyuluhan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Privinsi Sulawesi Utara H. Sarbin Sehe, S.Ag.,M.Pd.I didampingi oleh Kakan Kemenag Bolsel Drs. H. Nasri Sakamole, M.Si, Kepala Seksi PHU H. Ma’sum Maspeke, S.Ag., MH, bertempat di Gedung PLHUT Kemenag Bolsel, Selasa (26/9/2023).

Dalam Arahnya, Kepala Kanwil Kemenag Sulut H. Sarbin Sehe menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kantor Kemenag Bolsel atas terlaksananya kegiatan ini untuk memberikan bekal bagi calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2024 mendatang.

“Kantor Kemenag Bolsel ini merupakan kabupaten pertama di Sulut Banyak melakukan MOU dengan Instansi lain, pada hari ini saja ada beberapa MOU yang sudah dilakukan dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan sempurna, setelah itu barulah kegiatan bimbingan ini terlaksana, artinya Kemenag Bolsel benar-benar serius dari awal dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat termasuk pelayanan kepada calon jemaah haji,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan Bimbingan Manasik ini merupakan program tahunan Kementerian Agama yang bertujuan untuk memberikan pemahaman sejak awal kepada calon jemaah haji terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji.

“Saya berharap sejak sekarang masyarakat yang akan berangkat ke tanah suci tahun depan mulai mempersiapkan diri termasuk mengikuti seluruh rangkaian manasik haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Bolsel, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bolsel Drs. H. Nasri Sakamole mengungkapkan bahwa pertemuan awal hendaknya menjadi langkah yang baik terkait peningkatkan kualitas layanan ibadah haji di Kabupaten Bolsel.

“Tentu kami berharap para calon jemaah ini bisa mengikuti dengan baik rangkaian pelaksanaan manasik haji sehingga mereka benar-benar bisa memahami seperti apa itu ibadah haji. Kita harap pelaksanaannya sama dengan ibadah haji yang baru saja kita laksanakan tahun ini, mereka luar biasa dan kompak, ” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bolsel H. Ma’sum Maspeke melaporkan bahwa calon jemaah haji yang akan berangkat melaksanakan rukun islam yang ke-5 tahun depan sedianya berjumlah 12 orang yang meninggal 1 orang dan yang batal berangkat 1 orang, jumlah seluruhnya yang siap berangkat 10 orang.

“Jadi calon jemaah yang berangkat tahun depan adalah mereka yang masuk dalam daftar tunggu dan telah mendaftar pada tahun 2014 lalu,” tuturnya.

Dalam penyuluhan ini di hadiri oleh Ismoedjijono Nurhamidin Arsiparis Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulut, H. Wahyudin Ukoli Analisis Kebijakan PHU Kanwil Kemenag Sulut serta diikuti calon jemaah haji Bolsel yang akan berangkat pada tahun 2024 mendatang. (L.L)

Editor:
Elen Tontoli
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -