Bimas Islam

Pengurus Cabang Muslimat NU Bolsel Gelar Kirab Peringatan Maulid Nabi, Lapadang di Daulat sebagai Penceramah

Kamis, 28 September 2023 15:14 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) Laarpan Lapadang, S.Sos.I selaku Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pinolosian memberikan Ceramah (Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW) yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Muslimat NU bolsel Di Aula Gedung Balai Desa Popodu, Kamis (28/09).

Dalam Materi Ceramahnya Lapadang mengatakan bahwa Maulid Nabi melanjutkan perjuangan dan misi Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti Alquran dan Hadits serta Sunah untuk diamalkan menjadi panduan dan juga sebagai penyempurna umat islam.

Ada 4 (empat) hal yang menjadi keutamaan dalam prosesi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW:

  1. Syukur

Kita merasa bersyukur atas hadirnya Nabi Muhammad SAW di muka bumi ini, semua itu terekam baik dalam Alquran dan hadist serta Sunahnya, dan khabar dari para sahabat.

 

  1. Untuk Memuji

Fakta di balik kelahiran Nabi Muhammad SAW sangat luar biasa dan karenanya kita harus melalukan pujian kepadanya, kata Allah SWT dalam hadits Qudsi: “Kalau bukan karena kamu MuhammadAku tidak menciptakan alam raya”, bahkan Allah SWT itu menyatakan pentingnya sosok Nabi Muhammad SAW sebagai figur umat manusia.

 

  1. Tholabul Ilmi

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pasti ada pengajian, ini adalah momen mengembangkan pengetahuan, ketika wasiat taqwa itu disampaikan, dakwah mampu menimbulkan hikmah.

Hikmah ini menjadi semangat tersendiri, hikmah itu kumpulan dari pengalaman, dalil, informasi tercampur jadi sampai. Dengan hikmah kita bisa merubah berbagai hal, mungkin adanya hikmah melalui pengajian-pengajian itu, level keimanan, pengetahuan dan kebaikan.

 

  1. Teladan

Hubungan kita meneladani Nabi melihat Nabi sebagai tuntunan, adalah cara kita bertaqwa kepada Allah SWT, serta sosok ayah yang paling baik menyayangi keluarga dan tidak pernah marah, juga menjadi pemimpin yang sangat adil dan menjadi guru yang bijak, ini merupakan 4 (empat) keutamaan memperingati Maulid Nabi, Terang Lapadang

 

Nabi Muhammad SAW memiliki jaminan masuk Surga, karena akhlaknya yang mulia. Beliau tetap berdoa, tetap beristigfar dan tetap menjalankan kewajibannya seorang muslim, memperingati Maulid mengingat-ingat sosok Nabi kita untuk berusaha meniru, Tambah Lapadang

 

Hadir dalam peringatan tersebut, Jajaran Tanfidziyah Kasman Lakibu, Sekretaris PCNU Bolsel, Asisten 2 Bupati Bolaang Mongondow Selatan Suja Al’amri, S.Pd mantan Sekda Bolsel Abadi Yusuf, Purna Bakti dari Kepolisian Serta seluruh Pengurus Cabang Muslimat NU Bolsel, Pengurus PC. GP Ansor Bolsel, dan sejumlah pengurus badan otonom NU Bolsel.

 

Humas

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -