Pendis

Pengujian Hafalah Gema Juz 30 di Tilok II berjalan Lancar.

Rabu, 3 Mei 2023 19:13 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(MTsN2) -- Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)  2 Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Drs. Suharto Maspeke menyambut kedatangan Kasie Pendis bersama Tim Penguji dan Panitia Wisuda GEMA Juz 30 beserta Para Santri dan Satriwati yang di dampingi oleh Kepala Madrasah dan Pembinanya untuk mengikuti Tes Hafalan GEMA Juz 30 yang dilaksanakan di Titik Lokasi II MTsN 2 Bolsel, Rabu (03/05)

Kedatangan Kasie Pendis Srinangsih Makalalag, S.Pd M.Pd bersama Tim Penguji yang diketuai oleh H. Achmad  Ma’sum Maspeke, S.Ag  beserta timnya Yaitu Ustad Lisin Yunus, Bunsal Mada, S.Ag, Laarpan Lapadang, S.Sos  Ibu Sitti Nur Fitriya Bidjuni, S.Pd.I  serta panitia Wisuda GEMA Juz 30 kali ini guna untuk menguji hafalah siswa-siswi Madrasah yang akan direkomendasikan dalah Wisudah Gema Juz 30 nanti.

Kegiatan pengujian yang dilaksanakan di titik Lokasi 2 MTsN 2 Bolsel Ini berlangsung dari Pukul 09.00-11.00 Wita ini berjalan baik dan lancar dengan jumlah peserta yang diuji sebanyak 8 orang yang didampingi langsung oleh Kepala Madrasah dan Guru Pembimbingnya masing-masing. adapun Peserta  yang mengikuti pengujian Ini merupakan perwakilan dari MTsN 2 Bolsel 4 Orang ,MTs Cokro  Duminanga 2 Orang, MA Alhidayah Duminanga 1 Orang, MIS  Nurul Iman Biniha Timur 1 Orang.

Dari hasil Pengujian Ini, H. Achmad Maspeke Mengatakan Bahwa, ” Seluruh peserta harus memperhatikan  Fashohah dan konsistensi madnya karena berdasarkan pengujian tadi terdapat Kekeliruan dalam pengucapan perbedaan antar huruf, dan juga masih kurang Konsisten dalam hal panjang pendeknya bacaan yang seharusnya dibaca panjang mala dibaca pendek dan seharusnya di pendek malah dipanjangkan. Untuk itu kepada pembina terlebih dahulu memperkuat fashohahnya, karena metode ini dipakai juga oleh pembina yang siswanya  telah direkomendasikan untuk diwisuda, mengutamakann Fashohah terlebih dahulu sebelum memulai untuk menghafal. Ujar Maspeke

Selain Itu Kasie Pendis Ibu Srinangsih Juga Mengatakan Bahwa, “ Peserta yang sudah hafal keseluruhan Surah Juz 30 harusnya di Muroja’ah  hingga Benar-benar hafal agar tidak lupa saat Wisuda GEMA Juz 30 nanti dan juga kalau bisa Peserta GEMA Juz 30 Ini di perintahkan untuk Muroja’ah Hafalan mereka di depan teman-temanya pada apel siswa agar mereka terbiasa melafalkan di depan umum,"kata Kasi Pendis.

Selain Itu Ustad Lisin Yunus yang Juga sebagai Tim Penguji menyarankan kepada Peserta Bahwa, “ Kalau bisa saat menyambung ayat peserta sebaiknya mengulang kembali ayat yang telah di sampaikan oleh Penguji agar mempermudah dalam melanjutkan hafalan bacaan,"tambah Lisin.

Kepala MTsN 2 Bolsel Suharto Maspeke mengucapkan terima kasih kepada Kasi Pendis dan Tim penguji  atas kedatangannya dan telah memberikan kesempatan kepada MTsN 2 menjadi Lokasi pengujiannya. 

" saya ucapkan terimakasih atas kedatangannya, tentunya kami dari pihak madrasah akan lebih maksimal lagi dalam membimbing siswa dalam hafalannya, terimakasih atas masukan dan kriktik dari tim penguji kepada siswa-siswa yang diuji tadi, insya Allah pada saat wisuda nanti siswa-siswa madrasah bisa menghafal dengan baik dan benar."kata Suharto. 

Adapun dilaksanakan ujian oleh TIM Penguji adalah sebagai instrumen kontrol kualitas hafalan para siswa madrasah, sehingga mereka layak dapat sertifikat dan berhak untuk mengikuti wisuda santri.(Ingo) 

Editor:
Elen Tontoli
Kontributor:
Isna Pakaya
Fotografer:
ISNA PAKAYA

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -