PHU

Pemeriksaan Kesehatan Tahap II Calon Jemaah Haji Kabupaten Bolsel

Jumat, 24 Maret 2023 11:50 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) -- Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Achmad Ma'sum Maspeke, S.Ag melakukan pendampingan pemeriksaan Kesehatan tahap II oleh Tim pemeriksa kesehatan haji yang bertempat di RSUD Bolsel, Jum'at 24 Maret 2023. 

Pemeriksaan Kesehatan Tahap II merupakan kegiatan pembinaan lanjutan yang di dilakukan untuk mewujudkan istithaah (kemampuan) kesehatan jemaah haji. Kegiatan ini dilakukan karena kesehatan merupakan satu dari tiga syarat istitaah dalam melaksanakan ibadah haji, yaitu pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan. 

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebagai dasar pelaksanaan Pembinaan Kesehatan Jemaah Haji dalam rangka Istathaah Kesehatan Jemaah Haji dilaksanakan dalam 3 tahap antara lain:

1. Tahap Pertama

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan oleh Tim Penyelenggara Kesehatan di Puskesmas.

2. Tahap Kedua

Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2 dilaksanakan oleh Tim Penyelenggara Kesehatan Haji DINAS KESEHATAN KABUPATEN.

3. Tahap Ketiga

Pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan oleh PPIH Embarkasi Bidang Kesehatan di Embarkasi pada saat Jemaah Haji menjelang pemberangkatan

Kasi PHU mengatakan bahwa, “dalam melaksanakan Ibadah Haji, sebagian besar dibutuhkan kesehatan fisik. Untuk itu, jemaah yang berangkat harus memenuhi syarat istithaah dari aspek kesehatan meliputi kesehatan fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggungjawabkan," Kata Ma'sum.(Et) 

 

Penulis : Elen Tontoli 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -