PHU

Pemberian Vaksin Influenza Bagi Jamaah Haji Bolsel

Selasa, 16 Mei 2023 20:06 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) Selasa (16/05), bertempat di Puskesmas Molibagu Kec. Bolaang Uki, Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)  bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta petugas Puskesman melakukan pemberian vaksin influenza pada calon jamaah haji  Kabupaten Bolsel Tahun 2023 M dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan / daya tahan tubuh jamaah haji. 

Selama musim haji, Umat Islam dari berbagai penjuru dunia datang dan berkumpul di Tanah Suci untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima. Berkumpulnya orang-orang dari 140 negara dalam jumlah yang sangat besar, di mana masing-masing jamaah bisa saja membawa penyakit dari negaranya. 

Selain itu, suhu udara yang lebih panas/dingin, kelelahan fisik dan mental, serta imunitas yang menurun membuat jamaah berisiko terpapar penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Oleh karena itu selain vaksin menginitis yang wajib diberikan untuk calon jemaah haji  perlu adanya vaksin tambahan (vaksin influenza) bagi jamaah. 

Vaksin influenza dibutuhkan karena flu adalah penyakit infeksi pernapasan yang mudah menular dan bisa berpotensi serius. Mereka yang terkena flu biasanya mengalami demam tinggi, batuk, bersin, pusing, dan kesulitan bernapas. Hal ini sering dijumpai saat atau setelah menunaikan ibadah haji/umrah. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolsel dalam hal ini PHU, berinisiatif untuk memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi Influenza bagi jamaah haji Kab. Bolsel. 

Dari 19 calon jamaah haji yang akan berangkat haji tahun ini sudah 17 orang yang di vaksin influenza, dari keterangan staf PHU bahwa 2 jamaah haji tidak dapat di vaksin karena dalam keadaan kurang sehat dan nanti akan di jadwalkan kembali untuk pemberian vaksin Influenza. (Et).

 

Kontributor :Elen Tontoli

Editor:
rahmathanna

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -