PHU

Pemberian Materi Kesehatan Pada Manasik Haji di Kemenag Bolsel

Jumat, 26 Mei 2023 14:35 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Guna mempersiapkan para jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah, diadakan kegiatan manasik haji oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dengan materi kesehatan  yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan dr. Sri Susanti Sugeha Di Aula PLHUT Kantor Kemenag Bolsel, jum’at (26/05).

Dalam pembahasan materi tersebut Susanti Menyampaikan tentang  Nilai Penting Manasik Kesehatan Haji, Manasik Kesehatan Haji bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman jemaah haji agar mampu memelihara kesehatan dan mencegah risiko kesehatan secara mandiri sehingga dapat menjalankan ibadah haji sesuai syariat Islam.

“Tujuan pemberian manasik kesehatan haji adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman jemaah haji agar mampu memelihara kesehatan dan mencegah risiko kesehatan secara mandiri. Dengan begitu, jemaah haji dapat menjalankan ibadah haji sesuai syariat Islam yang berlaku sehingga pelaksanaan ibadah haji menjadi maksimal dan menjadi haji yang mabrur,” terang ….

Selanjutnya beliau juga memberikan informasi kepada jemaah haji tentang penyakit menular dan tidak menular, pengelolaan stres, dan hal-hal yang bersifat promotif dan preventif tentang pembinaan, pelayanan dan pelindungan kesehatan sebelum keberangkatan, selama ibadah haji, dan setelah ibadah haji.

“Tetap menjaga kesehatan ketika berhaji juga sangat bermanfaat bagi kita. Saat di tanah suci, nantinya akan terlibat interaksi dengan jutaan orang dari berbagai negara sehingga meningkatkan risiko penyakit menular. Dengan menjaga kesehatan dan mengikuti tindakan pencegahan yang dianjurkan, maka jemaah haji dapat mengurangi risiko tertular penyakit dan terhindar dari gangguan kesehatan yang mengganggu pelaksanaan ibadah. Pastikan membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan haji, seperti obat untuk penyakit kronis atau keluhan kesehatan lainnya. Silahkan simpan obat-obatan tersebut di tempat yang aman dan mudah diakses, “ Tutup dr. cantik dalam pemaparan materinya.  

Kegiatan dihadiri para jamaah yang antusias mengikuti kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah serta panduan menjaga kesehatan yang dianjurkan oleh Tim Dinas Kesehatan.(Et)

 

Editor:
rahmathanna

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -