Bimas Islam

Pembentukan Kampung Zakat Kemenag Bolsel Koordinasi dengan Pemerintah Desa Matandoi Selatan

Rabu, 1 November 2023 13:51 WIB
  • Share this on:

BOLSEL( Kemenag) – Dalam rangka pembentukan kampung Zakat, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongodow Selatan (Bolswl) melalui Seksi Bimas Islam melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa Matandoi Selatan Kec. Pinolosian Timur, Rabu (01/11/23) di Kantor Desa Matandoi.

Di kegiatan tersebut, Kepala Seksi Bimas Islam H. Moh. Zulkifli Latoale, S.Ag., MH menyampaikan tujuan koordinasi untuk berkonsultasi tentang berbagai hal dalam pembentukan Kampung Zakat pertama di Kabupaten Bolsel, terutama pada bagian administrasi dan pelaksanaanya di lapangan.

Mengingat Kampung Zakat merupakan salah satu program prioritas Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, untuk itu perlu melakukan koordinasi guna dapat mempercepat meningkatkan pelayanan dan pemberdayaan ekonomi umat termasuk daerah tertinggal. “Semoga hasil ini nantinya dapat diterapkan pada kampung zakat yang terbentuk,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Bolsel Drs. H. Nasri Sakamole,M.Si  mengungkapkan bahwa Desa Matandoi merupakan desa percontohan untuk pembentukan kampung zakat. " ini merupakan desa kampung zakat yang akan menjadi contoh untuk desa-desa lain dalam hal penyelenggaraan zakatnya," ungkapnya.

Maka dari itu lanjutnya, untuk mengembangkan Kampung Zakat diperlukan adanya sinergitas antara Kemenag Bolsel dengan lembaga-lembaga terkait agar dapat membantu perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadikan masyarakat yang mandiri dan kuat.

“Mudah-mudahan dengan adanya Kampung Zakat ini dapat menggugah masyarakat lainnya untuk giat dan mau memberikan zakatnya kepada lembaga-lembaga zakat  yaitu Baznas yang sudah diakui oleh pemerintah, serta tanggung jawab kita sebagai pelayan publik ” tuturnya.

Untuk mensukseskan program ini sambung Sakamole, dibutuhkan banyak pihak yang bekerjasama. “Untuk itu perlu perhatian dan konsentrasi semua pihak, baik pemerintah daerah, Desa dan Baznas,  semoga program ini dapat berjalan lancar dan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Bolsel” pungkasnya.

Sementara itu Sangadi Desa Matandoi Selatan berharap bahwa pembentukan Kampung Zakat ini tidak hanya sampai pada pembentukannya saja namun dibarengi dengan pemdampingan jika Program ini terbentuk. (Et). 

Editor:
RHanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -