Pendis

Pelepasan Jemaah Haji Kabupaten Bolsel Tahun 2024

Kamis, 16 Mei 2024 07:27 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Terpancar raut wajah penuh kebahagiaan dari Jemaah Haji asal Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang berjumlah 15 Orang ketika mulai berkumpul saat detik-detik pelepasan Jamaah Haji di Masjid An-Nur Molibagu.

Acara pelepasan Jemaah Haji di Kabupaten Bolsel, Rabu (16/05) sedikit berbeda dengan kabupaten-kabupaten lain pada umumnya karena pelepasan jamaah haji di Bolsel mengundang perhatian banyak umat islam di Kabupaten Bolsel untuk ikut serta melepas keberangkatan haji karena dirangkaikan dengan Pelaksanan Ibadah Subuh berjamaah (PISB) Pemda Bolsel. 

Acara diawali dengan sholat subuh berjamaah setelah itu dilanjutkan dengan zikir bersama yang dipimpin oleh ustadz Musahib Lakoda, kemudian dilanjutkan sambutan Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru sekaligus melepas para jemaah haji dengan resmi. 

" Ibadah haji ini merupakan sebuah panggilan, karena ibadah haji merupakan rukun islam yang menyempurnakan ibadah lainnya. Menunaikan ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu yakni sekali seumur hidup, akan tetapi bukan hanya sekedar mampu secara finansial dan fisik, namun dibarengi dengan adanya kemauan untuk melaksanakan ibadah haji, "jelas  Iskandar.

Selain itu, Iskandar juga menyampaikan jumlah jemaah haji yang berangkat ke tanah suci terdiri dari 15 jemaah di tambah dengan satu orang asal Bolsel sebagai petugas kesehatan yang mendampingi jemaah haji. 

Selanjutnya Iskandar menginformasikan tentang biaya haji," Biaya haji tahun 2024 yang disepakati Kemenag maupun Komisi VIII DPR RI sebesar Rp 93.410.286 per jemaah haji reguler. Rincian biaya tersebut terdiri dari 60 persen ditanggung jemaah dan 40 persen sisanya dibayarkan oleh BPKH, di tambah dengan biaya lokal. Namun di tahun 2025, insya Allah akan ada Peraturan Daerah mengenai biaya lokal haji,dimana 60% ditanggung oleh Pemda Kabupaten dan 40% ditanggung oleh Pemprov," terangnya. 

Terakhir Bupati Bolsel ini menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh  jemaah haji. “Kami selaku Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada Bapak/Ibu pada tahun ini diberi kesempatan menunaikan rukun islam yang ke-5 yaitu ibadah haji ke tanah suci. Semoga perjalanan fisik dan spiritual berjalan lancar dan sukses,” paparnya serta mendoakan semoga jemaah haji pergi dan pulang dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. 

Acara dilanjutkan dengan pemberian tali kasih dan pengalungan tanda pengenal kepada jamaah oleh Bupati Bolsel didampingi Kapolres Bolsel, Danramil dan kasi PHU.

Turut hadir Asisten I Alsyafri Kadullah, Kabag Kesra Arfan Djafar, Kepala KUA se Kabupaten Bolsel, Ketua MUI serta Keluarga para jemaah haji. (Et).

 

 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -