Pendis

Pelaksanaan Tes Hafalan Gema Juz 30 di Tilok II oleh Pendis Bolsel

Rabu, 3 Mei 2023 14:09 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Pelaksanaan Tes Hafalan Gema Juz 30 yang dilakukan oleh Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kemenag Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus berlanjut hingga saat ini, rabu( 03/04).
Titik lokasi pelaksanaan tes kali ini berlangsung di titik lokasi II MTs Negeri 2 Bolsel desa Biniha Kec. Bolaang Uki. 

Kepala Seksi Pendis Srinangsi Makalalag, S.Pd M.Pd sebelum pengujian yang didampingi oleh tim penguji pengucapkan terima kasih kepada kepala-kepala madrasah dan guru pembimbing yang telah berusaha keras melatih siswa dalam menghafal juz 30.
“saya ucapkan terimakasih kepada kepala-kepala madrasah dan guru pembimbing yang sampai saat ini masih setia mendampingi anak-anak siswa, program gema juz 30 ini merupakan salah satu program kakanwil dengan kantor kemenag kabupaten khususnya untuk madrasah, jadi saya sangat berharap bahwa Kemenag Bolsel yang akan malaksanakan Wisuda Gema Juz 30, “Kata Srinangsi
Selanjutnya beliau berpesan kepada siswa-siswa yang akan diuji agar dapat kosentrasi dalam menyambung ayat yang akan dibacakan. 
“ karena salah satu teknik pengujiannya menyambung ayat yang telah dibacakan penguji maka saya pesan kepada anak-anakku agar tetap   berkosentrasi dan menjaga hafalannya, pengujian ini semata-mata bukan lomba tapi menilai apakah anak-anakku bisa direkomendasikan untuk diwisuda, jika kali ini tidak bisa direkomendasikan maka ada tahap berikut, karena pendis merencanakan wisuda Gema juz 30 akan dilaksankan 2 kali dalam setahun sekaligus akan diberikan sertifikatnya yang ditandatangani langsung oleh tim penguji mengetahui  Kakan Kemenag Bolsel,” pesan Kasi Pendis. 
Terakhir Srinangsi menghimbau kepada guru pembimbing agar tetap semangat dalam melatih para siswa “ terus dilatih murojaahnya, dan harus percaya diri tampil dibanyak orang guna untuk mempermantap sebelum waktu wisudah, saya ucapakan terima kasih juga kepada Kepala MTsN 2 Bolsel karena telah menyediakan tempat, kepada Tim penguji yang telah bekerja dengan baik sehingga kegiatan pengujian hari ini akan tetap dilaporkan kepada Kakan Kemenag, tetap terus berlatih dengan semangat, “ tutup Kasi Pendis dengan penuh semangat. 


Dikesempatan yang sama H.Achamad Ma’sum Maspeke, S.Ag selaku ketua tim penguji mengatakan bahwa dari hasil pengujianya ada beberapa orang yang sudah bisa direkomendasikan untuk wisuda.
“ada beberapa orang yang sudah bisa direkomdasikan untuk wisuda, tetapi terus perbaiki fashohahnya karena salah dalam penyebutan maka akan berbeda makna dan arti ayat al-quran, pengujian ini dilaksnakan guna untuk melatih kesiapan para siswa ketika diwisuda nanti karena pada proses wisudanya akan tetap diuji kembali oleh kakan Kemenag Bolsel dan Kakanwil  Kemenag Provinsi Sulut.  Dengan adanya program gema Juz 30 ini maka Bolsel kedepan tidak akan sulit lagi mencari Tahfiz Qur’an untuk dilombakan dalam ajakng STQ nanti,”kata Maksum.


Proses pengujiannya berlangsung hingga 2 jam dari pukul 10.00- 12.00 wita dengan 8 Peserta yang masing-masing terdiri dari MTs N 2 Bolsel berjumal 4 orang, MTs Cokro Aminito berjumlah 2 Orang, MAS Duminanga berjumlah 1 orang dan MIS Duminanga berjumlah 1 Orang serta didampingi langsung oleh Kepala Madrsah dan guru pembimbingnya. (Et)

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -