Pendis

Pelaksanaan AKGTK Hari Kedua di MIN 1 Bolsel Berjalan Lancar

Rabu, 26 Juni 2024 12:08 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag)-- Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) di MIN 1 Bolsel, hari kedua, Rabu (26/06/2024), berjalan dengan sukses dan lancar.

Sebanyak 15 dari 22 peserta mengikuti asesmen pada hari ini, dan semua peserta berhasil menyelesaikan 60 soal dengan baik, seperti yang pada hari pertama.

AKGTK merupakan program Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memetakan kompetensi guru dan menjadi salah satu acuan dalam pengambilan kebijakan, khususnya di bidang pendidikan.

Kepala Seksi Pendidikan Islam (Kasi Pendis) Kementerian Agama Kabupaten Bolsel, Srinangsi Makalalag, M.Pd disela sela kegiatan mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan 1 (satu) Tahun 2024 Wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Manado yang mulai tanggal 31 Mei s/d 04 Oktober 2024 menyampaikan kepuasannya terhadap kelancaran asesmen hari ini dan mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat.

"Alhamdulillah, pelaksanaan AKGTK hari kedua berjalan lancar. Saya mengapresiasi kerja keras semua pihak, terutama MIN 1 Bolsel, yang telah mempersiapkan pelaksanaan AKGTK dengan baik," kata Srinangsi.

Srinangsi berharap, melalui AKGTK ini, kualitas guru di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bolsel, dapat terus meningkat. "Dengan mengetahui kompetensi guru, kita dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan," ujarnya.

Srinangsi juga memberikan apresiasi khusus kepada MIN 1 Bolsel mempersiapkan tempat dalam menyelenggarakan AKGTK. "MIN 1 Bolsel telah menunjukkan kesiapan yang luar biasa dalam pelaksanaan AKGTK. Hal ini terlihat dari kelancaran pelaksanaan asesmen dan tidak adanya kendala yang berarti," tuturnya.

Pelaksanaan AKGTK ini bertujuan untuk:

* Memetakan kompetensi guru dan tenaga kependidikan secara komprehensif.

* Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan guru dan tenaga kependidikan.

* Memberikan informasi untuk pengembangan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan.

* Menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan di bidang pendidikan.

 

Manfaat AKGTK antara lain:

* Meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

* Meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

* Mewujudkan guru yang profesional dan berkualitas.

* Membangun sistem pendidikan yang berkelanjutan.

 

Pelaksanaan AKGTK di MIN 1 Bolsel dibagi menjadi tiga hari, yaitu pada tanggal 24 s/d 26 Juni 2024 dan diperpanjang sampai tanggal 27 Juni 2024. Pada hari pertama, satu sesi, asesmen diikuti oleh 23 peserta, dan pada hari kedua, asesmen diikuti oleh 15 peserta lainnya.

Asesmen dilaksanakan di ruang kelas MIN 1 Bolsel dengan menggunakan komputer yang telah disediakan oleh masing-masing peserta. Peserta asesmen mengerjakan soal-soal asesmen secara online melalui aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Agama.

Pelaksanaan AKGTK di MIN 1 Bolsel didukung oleh tim yang luar biasa terdiri dari: Laarpan Lapadang, S.Sos.I sebagai  Proktor, Ikhlas Abas sebagai Teknisi. Tim ini bekerja sama dengan baik untuk memastikan kelancaran pelaksanaan asesmen. (AL)

 

Editor:
Rahmat Hanna
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -