Sekretariat

Nasri Sakamole : Orang-orang yang masih bertahan di masjid pada malam ini, adalah para pemenang

Selasa, 18 April 2023 07:31 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Bolaang Mangondow Selatan (Bolsel) Drs. Nasri Sakamole, M.Si melaksanakan safari Ramadhan wada' (terakhir) untuk  puasa Tahun 1444H/2023M, di masjid Nurul Iman  desa Salongo, kec. Molibagu, Senin (17/04).

Kepala Kemenag Bolsel diminta oleh Sangadi/Kades  Salongo Syamsul Hasan, SE untuk menyampaikan ceramah pada jamaah Sholat, isya, tarwih dan witir di malam yang ke dua puluh lima.

Mengawali ceramahnya Kakan Kemenag Bolsel   selalu memperkenalkan diri dengan  ucapan khas "saya SAGOR, singkatan Sanger-Gorontalo" namaku  Nasri Sakamole orang Sanger, dan Isteri Marga Dai, dari Gorontalo, disambut tawa jamaah, karena sebagian besar jamaah adalah suku gorontalo. Terimakasih Pak Sangadi dan seluruh jamaah yang memberi kesempatan ceramah kepada saya, dan jamaah masih mau bertahan mendengarnya. Ceramah ini saya beri  judul " jamaah yang masih bertahan di masjid sampai dengan malam ini, mereka adalah  para pemenang".

Nasri mengatakan secara teks Al-Qur'an  panggilan berpuasa tertuju kepada orang beriman, bukan panggilan hai orang Islam diwajibkan kepada kamu berpuasa. Ini berarti orang Islam yang belum kuat imannya bisa jadi  tidak sanggup berpuasa dan melaksanakan ibadah yang menyertai bulan ramadhan, semisal sholat tarwih dan witir.

“Jadi  jangan heran kalau diawal puasa sampai dengan pertengahan masih banyak yang berpuasa dan ibadah malam di masjid masih penuhi jamaah, tetapi saat akhir-akhir ramadhan sudah banyak yang tidak puasa, dan tidak lagi ibadah malam di masjid, keadaan ini menggambarkan kuat tidaknya iman kita kepada perintah puasa, oleh karena itu, bagi kita yang masih mampu mempertahankan puasanya dan masih menghidupkan ibadah malam di dalam masjid s.d malam ini adalah pemenangnya, yang nanti mendapat tropi Almuttagin, gelar orang orang bertakwa sebagai output/outcome puasa,” terang Nasri yang disambut dengan  ucapan aamiin oleh jamaah masjid.

Diakhir ceramah Kepala kantor kemenag Bolsel juga memberi informasi tentang program unggulan di madrasah.

“Saya selaku kepala kantor Kemenag Bolsel sudah bertugas selama satu tahun 1 bulan, merancang dua program Unggulan untuk madrasah, yaitu GEMA (Gerakan Menghapal Al-Qur'an) Juz 30, yang insya Allah nanti pasca lebaran akan dilaksakan wisuda Hafidz Al-Qur'an Juz 30, yang sudah mendaftar sebanyak 50 orang, yang boleh mendaftar adalah siswa madrasah yang sudah dinyatakan lulus oleh "Dewan Penguji Hafalan" di bentuk oleh Kepala Kantor.

Program unggulan ke dua di madrasah adalah, GEM-PASIMBOL (Gerakan Memperkuat Prestasi Akademik Siswa Madrasah Bolsel. Target jangka panjang program ini adalah melahirkan Profesor Matematika putra-putri Bolsel yang lahir dari rahim madrasah. Jangka menengahnya anak-anak madrasah bolsel bisa ikut berkompetisi dibidang sains/matematika di tingkat nasional dan internasional, dan jangka pendeknya adalah menjadi brending/merek madrasah di Bolsel, yang tidak hanya belajar agama, hafal Juz 30, tapi anak madrasah juga melek/hebat matematika. dengan harapan, kelak nanti  akan terbentuk mindsed sosial di masyarakat, untuk mata pelajaran matematika, "anak madrasah Bolsel di LAWAN, atau Seng Nda Ada Lawan!” Papar Kakan Kemenag dan lagi-lagi disambut jamaah dengan ucapan aamiinn.

 GEM-PASIMBOL ini sudah mulai menunjukkan hasilnya. Pada bulan maret-april anak madrasah Bolsel mengikuti lomba Tkt. Nasional bernama KOSSMI (Kompetisi Olimpiade Sains Siswa Muslim Indonesia) pesertanya anak siswa madrasah dan siswa sekolah umum. Alhamdulillah 10 orang siswa  madrasah masuk Semi Final, jumlah ini terbanyak di Prov. Sulut, dan dari 10 orang siswa bolsel, keluar 1 orang siswi Madrasah Ibtidaiyah untuk menjadi finalis mapel matematika, yang nanti bulan Mei 2023 bertanding di Jakarta, ucapan Alhamdulillah secara bergemuruh oleh jamaah.

“ Mari kita doakan semoga wakil satu-satunya dari Provinsi Sulawesi Utara ini meraih hasil yang terbaik,” demikian Sakamole menutup ceramahnya.

Kepala Desa Salongo, Syamsul Hasan, SE, atas nama pemerintah dan semua jamaah menyampaikan ucapan terimakasih, atas kunjungan Kepala Kantor Kemenag Bolsel, dan Kepala Kua Kec. Bolaang Uki. Teriring doa kita semua tetap dalam keadaan sehat, sehingga dapat sampai finish melaksanakan ibadah puasa dengan keluar sebagai pemenang.(Et)

 

Kontributor : Elen Tontoli

Editor:
rahmathanna

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -