Sekretariat

Nasri Sakamole Beri Materi Pada Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus

Senin, 16 Oktober 2023 18:40 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Drs. H. Nasri Sakamole, M.Si memberikan materi pada Kegiatan Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus. 

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kab. Bolsel ini dibuka langsung oleh Bupati Bolsel yang diwakili oleh Asisten I Pemkab Bolsel Asafri Kadullah bertempat di  Gedung Grand fajar Soguo, Kec. Bolaang Uki, senin (16/10). 

Adapun dasar pelaksanaan dari kegiatan tersebut antara lain : 

1.  Peraturan Mentri Agama nomor 73 tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan.

2. Undang- Undang nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. 

Sementara itu Kakan Kemenag dalam pemberian materinya mengatakan bahwa Kemenang telah melakukan upaya-upaya pencegahan kekerasan seksual baik di lindungan madrasah maupun pada pembinaan KUA. " Untuk madrasah tingkat MTs/ MA negeri maupun swasta di Bolsel sudah membentuk SK SATGAS Perlindungan Anak  di 9 Madrasah yaitu Madrasah Aliyah swasta 3 madrasah , MTsN 4 Madrasah, MTs Swasta 2 Madrasah." Ungkapnya. 

Terkait dengan pembinaan Kemenag juga sudah ada MoU bersama Pengadilan Agama, Kepolisian. " Setiap minggu sekali dari pihak kemenag selalu memberikan  pembinaan di Lapas Polres Bolsel, selain itu pembinaan dilakukan di KUA- KUA pada pembinaan Calon Pengantin, serta pembinaan oleh Kepolisian di Madrasah pada saat upacara bendera, " tambahnya. 

"Anak-anak adalah aset berharga bagi bangsa dan masa depan kita, mereka memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman sehat dan penuh kasih sayang Oleh karena itu perlindungan terhadap anak-anak adalah tanggung jawab kita bersama,"lanjut kakan Kemenag. 

"pelatihan ini merupakan kampanye awal kita dalam hal perlindungan perempuan dan anak, pelayanan puskesmas ramah anak, isu kekerasan terhadap perempuan dan anak, perlindungan anak Implikasi dari UU Perlindungan Anak, untuk itu mari kita jaga bersama"Tutup Bapak No.1 di Kemenag Bolsel. 

Peserta Pelatihan berjumlah 100 orang terdiri dari Kepala Dinas Terkait, Camat se-Kab. Bolsel,FAD, Kemenag, Pengadilan Agama, Polsek Se- Kab. Bolsel, Koramil, Puskesmas Kec. Bolaang Uki, Pinolosian, Helumo, KUA Bolaang Uki dan KUA Pinolosian, Sangadi Se Kec- Bolaang Uki dan Kec. Pinolosian, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (ET)

 

 

 

 

 

Editor:
rahmathanna

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -