Pendis

MTsN 1 Bolsel Laksanakan Gladi Bersih ANBK 2023

Selasa, 12 September 2023 11:19 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (KEMENAG) – Selasa, 12 September 2023 sedang berlangsung pelaksanaan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MTs Negeri 1 Bolsel, yang terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama pelaksanaan pukul 07.30-09.30, sesi kedua pukul 10.30-12.30 dan Sesi ketiga 14.10-16.00 Wita.

Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) terjadwal selama dua hari, dimulai hari Senin-Selasa, tanggal 11-12 September 2023 yang diikuti sebanyak 50 peserta didik kelas VIII. Untuk penentuan jumlah peserta gladi bersih dipilih secara acak langsung dari pusat. Agar pelaksanaan gladi bersih berjalan lancar maka pelaksanaan ANBK ini ditangani langsung oleh proktor Yusman Husain dan sebagai teknisi Kaharuddin.

Saripa Silogu, S.Pd selaku Panitia ANBK mengatakan Pelaksanaan gladi bersih merupakan satu diantara persiapan teknis menjelang ANBK- 2023 yang bertujuan untuk memonitor keseluruhan dari infrastruktur apakah sudah berjalan dengan baik. Disamping itu juga untuk mengetahui sejauh mana persiapan seluruh personel yang terlibat baik dari peserta didik, proktor hingga teknisi.

Lebih lanjut ia menjelaskan Kompetensi yang diukur dalam soal gladi bersih pada hari pertama meliputi soal-soal tentang Literasi, adapun pada hari ke-dua kompetensi yang diukur tentang Numerasi.

"Literasi dan numerasi adalah kompetensi penilaian yang mencakup keterampilan berfikir secara sistematis dan logis, keterampilan yang bernalar dengan menggunakan konsep serta pengetahuan dan keterampilan memilah dan mengolah informasi." Jelas Saripa.

Pelaksanaan gladi bersih hari ini berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Kepala MTs Negeri 1 Bolsel Dra. Nurafazulfihm Tadore menyampaikan bahwa yang ikut ujian gladi bersih ini adalah perwakilan madrasah yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan disatuan pendidikan, oleh karena itu Kamad meminta kepada siswa yang terpilih untuk mengikuti Asesmen Nasional untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Ikutilah gladi bersih ini dengan baik, karena pelaksanaan gladi bersih ini untuk mengenal bentuk soal-soal pada Asesmen serta menguji kemampuan mengenal literasi dan numerasi. Semoga gladi bersih ini berjalan sesuai yang diharapkan,” Tutupnya.

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Yusman Husain
Penulis:
Yusman Husain

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -