Pendis

MTs Negeri 1 Bolsel ambil bagian dalam peringatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Selasa, 3 Oktober 2023 18:10 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (KEMENAG)—MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Selatan ikut berpartisipasi dalam peringatan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Masjid Al-Iksan Desa Tolondadu II, Selasa (02/10)

Maulid Nabi merupakan sebuah peristiwa peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awwal dalam kalender Hijriah. Peringatan Maulid Nabi dilaksanakan sebagai bentuk cinta kasih umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Umat Islam yang tersebar di seluruh belahan dunia memperingati Maulid Nabi dengan penuh sukacita, tak terkecuali dengan Indonesia.

Maulid Nabi merupakan salah satu hari penting bagi umat Islam. Dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, tiap daerah Indonesia biasanya melangsungkan tradisi perayaannya masing-masing, seperti di Bolaang Mongondow Selatan khususnya di masjid al-iksan desa tolondadu II perayaan maulid nabi dilaksanakan dengan  tradisi dikili atau tradisi zikir . Dikili atau zikir melantunkan rasa syukur dan doa doa kepada Nabi Muhammad SAW atas kelahiran beliau. Dilaksanakan setelah Isya kemudian dijeda saat subuh, dilanjutkan dengan doa puncak pagi harinya sampai jam 9 atau jam 10.

Seluruh kegiatan tersebut tentu sebagai wujud rasa syukur serta kegembiraan umat Islam atas kelahiran Nabi Muhammad SAW ke dunia ini. Akan tetapi, hal yang perlu pahami adalah bahwa peringatan Maulid Nabi bukan sebatas sebagai rutinitas atau seremonial belaka, melainkan terdapat nilai yang sangat penting di dalamnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dra. Nurfazulfihm Tadore selaku kepala madrasah mengatakan pada tahun ini MTs Negeri 1 Bolsel ikut berpartisipasi dalam perayaan maulid Nabi Muhammad SAW. “Alhamdulillah Tahun ini MTs Negeri 1 Bolsel bisa berpartisipasi dalam perayaan maulid nabi muhammad saw dengan membuat satu buah tolangga yang akan dibagikan kepada orang yang berzikir” ungkap tadore.

Selanjutnya kamad menyampaikan terima kasih kepada seluruh dewan guru, staf tata usaha serta cleaning service dan security yang telah menyisihkan sedikit rezekinya dalam pembuatan tolangga.

“Terima kasih atas partisipasi bapak/ibu guru, staf tata usaha tak terkecuali petugas kebersihan dan security yang telah membantu dalam pembuatan tolangga, semoga apa yang menjadi niat kita dalam merayakan maulid Nabi Muhammad SAW dicatat sebagai amal ibadah” tutup tadore

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Yusman Husain

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -