Pendis

MIS Alfalah Nunuka Raya Meriahkan Maulid Nabi Saw 1445 H dengan Tradisi Walima

Selasa, 3 Oktober 2023 19:36 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag)Selasa,tgl 03 Oktober 2023, bertempat di masjid Azzikra Desa Nunuka Raya, MIS Alfalah Nunuka Raya mengambil andil dan turut berpartisipasi dalam memperingati perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw 1445 H yang setiap tahunnya dilaksanakan. 

Perayaan Maulid Nabi untuk Wilayah Bolaang Mongondow Selatan dilaksanakan di masjid-masjid sama halnya dengan Masjid di desa Nunuka Raya. 

Perayaan ini ditandai dengan adanya zikir atau dikili (Bahasa Gorontalo) yang dikumandangakan oleh para orang tua dengan menyebut,mengucapkan serta mengingat perjalan Nabi Muhammad SAW. 

Dikili adalah suatu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Gorontalo mengiringi upacara Maulidan (Memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW) setiap bulan Rabiul Awal Menurut perhitungan tahun Hijriah yang sering disebut tradisi walima

Mengingat banyaknya masyarakat Gorontalo yang  berada di Bolsel, Maka tradisi walima ini selalu dilaksanakan. 

Salah satu yang menarik dari perayaan ini ditandai dengan Keranda tempat menata kue kue tradisional. Biasanya terbuat dari bilah kayu atau bambu dengan bentuk menara, masjid, atau perahu. Kue kue tradisional seperti kolombengi, sukade, wapili, telur rebus diisi dalam plastik dan disusun menyesuaikan bentuk tolangga. 

Hal yang serupa juga dilakukan oleh Kel besar Mis Alfalah Nunuka Raya dengan membuat tolangga sebagai bingkisan bagi mereka yang melaksanakan zikir atau Dikili di masjid sejak tadi malam sampai pagi hari

Bukan hanya itu, Kepala Madrasah  Risnawati Nading S.Pd.M.Pd menyebutkan bahwa dalam kegiatan tersebut siswa siswi Mis Alfalah Nunuka Raya ikut berpartisipasi mulai dari acara pembukaan diawali dengan salawat nabi dan pembacaan Qolam ilahi oleh siswa siswi Mi secara bergiliran.

"Alhamdulilah saya sangat bersyukur .ini momen dan bukti dari hasil pembinaan keagamaan di madrasah oleh guru pembina Ibu Lisna Malik bersama Tim kerja Mis Alfalah Nunuka Raya," ucap syukur Risna. 

Selain itu di setiap aktifitas baik di masjid desa Nunuka raya ataupun di musholah madrasah semua dari siswa jebolan anak anak MIS Alfalah Nunuka Raya juga ikut memakmurkan masjid mulai dari azan, mengaji bahkan sebagai imam di musholah madrasah. 

"Alhamdulillah bersyukur kepada yg kuasa atas segala rahmatNya, Sehingga saya yakin suatu saat siswa siswa ini bisa mensosialisasi ilmu yang mereka dapatkan di madrasah, bukan hal mustahil bahwa di antara mereka ada yg bisa jadi Hafiz 30 Jus. Qori' Qoriah, jadi imam di desa, bahkan jadi para ulama nanti .AamiinYRA,"tandasnya. 

Terakhir Risna ucapkan terima kasih kepada pemerintah desa, dan para imam masjid dan perangkatnya sudah mempercayai kami madrasah turut serta dalam suksesnya kegiatan pada hari ini.dan tak lupa mengapreasi setinggi tinggi kepada semua orang tua wali murid.

" Tim work Mis Alfalah yang turut berpartisipasi membawa bahan makanan sebagai bingkisan dalam bentuk Tolangga untuk mereka yang sudah berzikir semalam di masjid  dan special juga kepada anak Sholeh Sholehah MI yang turut jua, semoga dengan hikmah perayaan ini lebih mencintai Allah SWT dan Rasulnya dengan menjalankan taat dan taqwa kepada Allah SWT serta menjalankan semua Sunnah Rasulullah SAW .Aamiin, "tutup Risna. 

 

Humas. 

Editor:
Elen Tontoli
Kontributor:
Risnawati Nading

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -