Berita

MATSAMA Tahun Pelajaran 2023/2024 MTs Negeri 2 Bolsel Tumbuhkan Kedisiplinan Siswa

Kamis, 13 Juli 2023 11:35 WIB
  • Share this on:

Bolsel (MTsN 2) - MTsN 2 Bolsel Menggelar acara Masa Ta'aruf Siswa Madrasah yang disebut dengan MATSAMA. Matsama merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru. Diharapkan melalui kegiatan ini siswa dapat mengenal sistem pembelajaran, ciri khas, serta karakter yang ada di lingkungan madrasah. kegiatan Matsama ini dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai hari kamis- sabtu, 13-15 Juli 2023. (13/07/2023)

Kepala tata usaha bapak Mas'ud Abas, S.Fil.I menyapa para peserta didik baru dengan ucapan selamat bergabung di MTsN 2 Bolsel sekaligus membuka acara Matsama dan menyampaikan tentang tujuan dari pelaksanaan kegiatan Matsama."Kegiatan Matsama ini merupakan ajang ta'aruf atau perkenalan antar peserta didik baru dengan lingkungan madrasah. selain itu tujuan dari matsama yaitu menumbuhkan rasa cinta dan bangga untuk belajar di madrasah serta mengembangkan kreativitas dan kedisiplinan peserta didik. dengan begitu  setelah kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai siswa sudah bisa menyesuaikan diri,"ungkap Mas'ud.

Usai Pembukaan Oleh Kepala Tata Usaha, peserta didik baru menerima materi dari bapak Mirsa Gulam Da'aliwa terkait Moderas Beragama. "Moderasi Beragama meliputi 4 indikator yaitu: Komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap budaya lokal. Artinya, seseorang dikatakan moderat apabila tindakan dan pemikirannya tidak bertentangan dengan indikator tersebut. Dan seseorang bisa dikatakan radikal apabila pemikiran, ungkapan, maupun tindakannya melenceng dari keempat indikator tersebut maupun salah satunya". ujarnya.

Keadaan dalam pelaksanaan Matsama ini terpantau kondusif, hal ini terlihat terjadinya feed back antara pemateri dengan peserta didik di mana peserta didik mau bercerita dan menampilkan bakat mereka di hadapan guru-guru dan teman-teman mereka. Tentu hal ini sagat diharapkan oleh pihak madrasah dimana peserta didik tidak merasa malu dan membuka diri untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Dalam mencairkan suasana, Pak Mirsa juga melakukan Ice Breaking berupa mencari pasangan yang ditentukan jumlahnya. Mulanya peserta didik diminta untuk membuat lingkaran sambil berjalan berkeliling, menepuk tangan, dan menyanyikan lagu Naik Kereta Api. Dan setelahnya mereka membuat suatu kelompok yang berisikan jumlah yang telah ditentukan. Bagi peserta didik yang tidak mendapat kelompok atau kurang dari jumlah yang ditentukan, maka aka diberi hukuman. Hukuman dalam hal ini tentu hanya bersifat seru-seruan dengan melatih mental mereka dengan menunjukan bakat mereka di hadapan teman-teman mereka dan guru-guru. Adapun beberapa bakat yang ditunjukan peserta didik adalah Menyanyi, Azan, dan lain sebagainya. 

 

Editor:
Elen Tontoli
Kontributor:
Isna Pakaya

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -