Bimas Islam

Laksanakan Tugas PIP Lapadang Sosialisasikan Pemilu 2024

Jumat, 25 Agustus 2023 15:17 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) — Menindaklanjuti program Penyuluh Informasi Publik (PIP), Laarpan Lapadang, S.Sos.I kembali memberi sosialisasi dengan tema Pemilu 2024 kepada jemaah Masjid Batuhamba Desa Linawan Usai Shalat, Jumat  25/8/2023

Penyuluh Informasi Publik adalah salah satu kerjasama antara Kementerian Agama dan Kementerian Kominfo Republik Indonesia. Laarpan Lapadang yang menjadi salah satu penyuluh terpilih di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dalam program tersebut mengatakan Penyuluh Informasi Publik yang selanjutnya disebut PIP mempunyai tugas menyampaikan semua program strategis Pemerintah yang ada di lintas Kementerian, Badan atau Lembaga Negara kepada masyarakat dengan aturan, syarat dan mekanisme yang ditentukan Kominfo. Seperti program Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Kemenkop UKM, BKKBN, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, dan lainnya.

Di depan kurang lebih 30 jama’ah, Penyuluh Agama Islam (PIP) Bolsel ini menyampaikan pentingnya masyarakat memahami makna demokrasi, yakni dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. “Maka dengan pemilu 2024 nanti rakyat bisa memilih pemimpin di eksekutif maupun legislatif untuk menentukan arah pembangunan bangsa ini kedepan,” ucapnya.

Lapadang secara detail menyampaikan 5 surat suara yang akan diterima dalam pemilu nanti, yakni surat suara memilih Presiden dan wakil presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Selain itu, tambahnya, dalam pemilihan anggota legislatif akan ada 18 Partai Nasional diantaranya, Partai PKB, Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Gelora, PKS, PKN, HANURA, GARUDA, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, Partai Ummat dan 6 partai lokal dari Aceh.

“Oleh karena itu, dengan banyaknya parpol dan surat suara yang dalam Pemilu 14 Februari 2024 nanti, maka sosialisasi ini meminimalisir ibu-ibu juga masyarakat pada umumnya jangan sampai bingung untuk memberikan suaranya di TPS nanti,” tambahnya

Lapadang juga menghimbau kepada jemaah untuk mengecek dan memastikan namanya sudah tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Terakhir, lelaki yang dijuluki Ustadz andalan kita ini berharap dalam Pemilu 2024 nanti masyarakat bisa memilih dengan hati nurani, menentukan pilihan terbaik, tanpa ada intervensi dari pihak manapun. “Jika masyarakat mampu berperan aktif dalam Pemilu 2024 nanti dan didukung penyelenggaraan pemilu yang Luber Jurdil, maka cita-cita bangsa yang sesuai dengan UUD 1945 akan tercapai dengan maksimal,” pungkasnya. (LL)

 

HUMAS

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -