Bimas Islam

Kultum Ba'da Zuhur Kemenag Bolsel : 3 Karakteristik Takwa

Kamis, 27 April 2023 13:57 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) – Pelaksanaan kultum ba’da sholat zuhur oleh Kantor Kementerian Agama (Kan Kemenag) Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus berlangsung hingga saat ini, bertempat di Musholah An-Namira Kan Kemenag Bolsel kamis(27/04).

 Pemberi Kultum pada kesempatan kali ini adalah Ust. Laarpan Lapadang, S.Sos.I dengan materi 3 karakteristik takwa kepada Allah SWT.

 Ada 3 Ciri-ciri orang bertakwa ;
1. orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit,
2. orang-orang yang menahan amarahnya
3. dan memaafkan (kesalahan) orang lain.

“Allah sangat menyukai seseorang yang ketika dalam keadaan lapang dan memiliki banyak harta ia rajin dalam mensedekahkan hartanya. Meskipun orang dalam keadaan yang sempit, hal tersebut tidak menghentikannya untuk berinfak di jalan Allah. Oleh karena itu, orang yang bersedekah dalam waktu lapang dan sempit adalah orang yang istimewa bagi Allah SWT. Karena dengan bersedekah akan menghilangkan sifat sombong yang kita miliki serta membuktikan keimanan dan kecintaan kita kepada Allah dan Rasulnya,” Terang ustad

Lanjut beliau juga menjelaskan bahwa Sebagai manusia sudah pasti pernah merasakan marah. Ini merupakan hal yang wajar dan pasti dirasakan oleh semua orang. Akan tetapi, orang dikatakan bertaqwa apabila bisa menguasai diri d kala marah sedang memuncak. Orang-orang yang bertaqwa merupakan manusia yang tidak mudah dikuasai oleh amarahnya. 

“ Bisa dibilang tingkat kesabarannya luar biasa sehingga ketika sedang marah masih bisa mengalahkan nafsu tersebut. Seperti yang diketahui jika amarah yang tidak bisa dikuasai bisa berdampak negatif untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi, dalam hal ini orang-orang yang sering emosi dan suka marah tidak masuk dalam kategori orang bertaqwa,” tutur Laarpan.

Dan yang terakhir Laarpan mengatakan  tidak ada manusia satupun yang tidak pernah melakukan kesalahan. Kesalahan kepada orang lain merupakan dosa langsung dengan sesama. Dosa seperti ini baru bisa dimaafkan apabila kamu yang disakiti memberikan maaf. 

“ Sebaliknya jika orang yang disakiti tidak mau memberikan maaf berarti dosa tersebut tidak akan terhapus. Jika orang yang disakiti tidak memaafkan berarti Allah SWT juga tidak akan memberikan pengampunan atas dosa tersebut. Namun, alangkah lebih baik jika kita sebagai manusia harus saling memaafkan, sama halnya dengan apa yang disampaikan oleh Kakan Kemenag Bolsel bahwa meminta maaf itu sangat berat tapi lebih berat lagi bagi yang memaafkan, untuk itu mari sama-sama mengikhlaskan diri untuk saling memaafkan di momen yang fitrih ini,” tutup Ustad muda andalan Kemenag Bolsel.

Turut hadir dalam sholat berjamaah Kakan Kemenag Bolsel, seluruh pejabat dan pegawai Kemenag, Serta anggota Polres Bolsel yang merupakan tentangga dari Kantor Kemenag Bolsel. (Et)  

 

 

 

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -