PHU

KHUTBAH JUM'AT DI MASJID ISLAMIC CENTER, KASI PHU KUPAS MUHASABAH PERGANTIAN TAHUN

Jumat, 5 Januari 2024 15:16 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Bertindak sebagai Khotib Sholat Jumat, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kantor Kemenag Bolsel H. Achmad Ma'sum Maspeke, S.Ag. mengingatkan kepada umat Islam pentingnya melakukan muhasabah saat pergantian tahun dengan berdasar ajaran yang telah dicontohkan oleh Rasulullah dan petunjuk dari para ulama. bertempat di Islamic Center desa Toluaya, Kab Bolsel.

 

Dalam Khotbanya menjelaskan bahwa Dalam rangka meningkatkan komitmen ketakwaan tersebut, terutama untuk menyambut tahun baru 2024, Tujuannya, supaya keimanan dan ketakwaan kita senantiasa bertambah seiring dengan bertambahnya bilangan tahun. Fattaqullah fii kulli ‘aamikum. Mari kita selalu bertakwa dalam menjalani segenap waktu di sepanjang tahun kita.

" Allah mengungkapkan bahwa segala sesuatu yang Dia ciptakan pasti terjadi dengan tujuan yang benar. Setiap makhluk dan fenomena dalam alam semesta ini memiliki tujuan dan hikmah yang mendalam, dan semuanya diciptakan dengan kebenaran dan kebijaksanaan-Nya" Terang Ma'sum.

 

"Jangan lupa pula mendata berapa banyak pertolongan Allah yang dapat kita sadari sepanjang tahun ini, yang seringkali tidak bisa kita rasakan karena ketidaksabaran kita. Tentu, kalau kita hitung semuanya, itu tidaklah mungkin. Tetapi, tidak ada larangan dan bukan pula kesalahan kalau kita menghitungnya dengan tujuan supaya kita sadar dan bisa bersyukur atas sekian banyak karunia (fadhl) yang baru kita sadari dan kita rasakan hari ini, setelah setahun berjalan. Itu artinya, tanpa kita cari pun, Allah sudah memberikan karunia-Nya. Lalu, bagaimana jika kita memang benar-benar mencari karunia-Nya" kata Ma'sum Mengingatkan.

 

Diakhir khutbahnya Ma’sum mengajak semua jamaah yang hadir untuk menyambut tahun baru ini dengab penuh rasa syukur " kita sambut tahun yang baru ini nanti dengan penuh rasa syukur. Kita perbanyak mengucap hamdalah supaya berkah. Segala sesuatu yang tidak dimulai dengan hamdalah, memuji Allah, maka keberkahan atau kebaikannya akan terputus." Tutup Maspeke.

 

Sholat Jum’at ini juga dihadiri oleh ASN Pemda Bolsel, Pegawai Kamenag Bolsel, serta masyarakat setempat. (Et)

Editor:
Rahmat Hanna
Kontributor:
Elen Tontoli
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -