Pendis

Kepala MIN 1 Bolsel Membuka Secara Resmi Kegiatan MATSAMA TP.2024/2025 yang Dirangkaikan dalam Kegiatan Apel Perdana.

Senin, 15 Juli 2024 14:44 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Kegiatan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) Tahun Pelajaran 2024/2025 dibuka secara resmi oleh Kepala MIN 1 Bolaang Mongondow Selatan, Kasman Lakibu S.Ag dalam acara kegiatan Apel Pagi Perdana yang diselenggarakan di Lapangan madrasah (17/05) dan dihadiri oleh seluruh stakeholder madrasah beserta siswa-siswi dari MIN 1 Bolsel termasuk peserta didik baru yang menjadi peran utama dalam kegiatan MATSAMA. 

MATSAMA merupakan masa dimana siswa atau peserta didik baru diperkenalkan dengan lingkungan madrasah yang dibantu dengan tim/panitia penyelenggara MATSAMA yang telah dibentuk sebelumnya. Kegiatan MATSAMA sendiri akan diselenggarakan selama 3 hari kedepan secara berturut-turut. Dalam kegiaatan MATSAMA siswa baru akan menerima beberapa materi yang berkaitan dengan nilai-nilai madrasah seperti pengenalan kelembagaan, penerapan tata tertib, tata krama/akhlak dan nilai budaya yang diterapkan dalam lingkungan madrasah. Pemberian materi ini berdsasarkan pedoman atau petunjuk teknis MATSAMA yang dikeluarkan oleh Ditjen Pendis Kemenag RI bagian Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah.

Dalam sambutannya, Kasman Lakibu menuturkan rasa bangganya kepada peserta didik baru yang telah memilih MIN 1 Bolsel sebagai sarana bagi mereka dalam melanjutkan pendidikan pada jenjang MI/SD. Pada kesempatan tersebut, Kasman memberikan himbauan kepada seluruh peserta didik untuk bisa saling menyayangi, menghormati satu sama lain sebagai saudara di lingkungan madrasah dan senantiasa menjaga nama baik madrasah. Kasman juga menghimbau agar seluruh siswa dapat bekerja sama untuk menjaga dan memeliharan kebersihan lingkungan madrasah, baik fasilitas maupun halaman madrasah.

“Saya harap adik-adik peserta didik baru dapat menjalin pertemanan yang baik dan menghormati kakak-kakak kelasnya. Dan untuk peserta didik lama (kakak kelas) dapat menyayangi adik-adiknya di kelas 1 yang baru masuk. Menjaga dan memelihara lingkungan madrasah merupakan tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, saya berharap kita semua dapat bekerjasama dengan baik untuk terus menjaga madrasah kita agar tetap asri dan sehat”, tutur Kasman.

Kegiatan MATSAMA ini menjadi langkah awal madrasah dalam membentuk dan mencetak generasi muda yang tak hanya memiliki kemampuan kecerdasan dalam bidang akademik, tetapi juga cerdas dalam berakhlak dan memilki budi pekerti yang baik.

Pembukaan kegiatan MATSAMA secara resmi oleh Kamad ditutup dengan penyematan kartu peserta kepada peserta didik baru yang diwakili oleh 4 orang siswa yaitu Attafaris Dirga Muza Tontoli, Athifa Nur Izza Mooduto, Muhamad Zikran Aulian Kumedi, dan Siti Nur Afni Maramis.

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Sri Rahmayanti

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -