Bimas Islam

Kepala KUA Posigadan ikuti Rapat Lintas Sektoral

Kamis, 2 November 2023 08:32 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Nurdin Y.K Poiyo, S.HI mengikuti Rapat Lintas Sektoral yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Puskesmas Sinombayuga Tahun 2023, bertempat di Puskesmas Desa Sinombayuga, rabu (01/11). 

Rapat lintas sectoral ini merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas. secara khusus rapat hari ini membahas persiapan akreditasi puskesmas sinombayuga, serta penggalangan komitmen puskesmas sinombayuga dengan sektor terkait yaitu KUA, Kepolisian dan TNI, serta pemerintah. 

Salah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan puskesmas dilakukan dengan akreditasi. Dengan implementasi standar akredaitasi akan menjamin manajemen puskesmas, penyelenggaraan program kesehatan, dan pelayanan klinis telah dilakukan secara berkesinambungan. Akreditasi puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas secara berkesinambungan. Kegiatan persiapan penilaian akreditasi Puskesmas adalah upaya yang dilakukan setiap 5 tahun sekali sesuai dengan peraturan terbaru. 

Melalui akreditasi, manajemen Puskesmas dapat menerapkan Prosedur Standar dengan baik sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kualitas yang diberikan oleh Puskesmas, akan menimbulkan persepsi pasien terhadap pelayanan yang diberikan kepadanya.

Dikonfirmasi oleh humas usai mengikuti rapat kepala KUA Nurdin Poiyo mengatakan bahwa KUA sepenuhnya mendukung Akreditasi Puskesmas Sinombayuga ini serta mengajak semua unsur untuk menurunkan angka pernikahan dibawah umur yang terus meningkat, “ di tahun 2023 sampai dengan 31 oktober 2023 pernikahan dibawah umur untuk kecamatan posigadan mencapai 20 orang melalui dispensasi nikah yang di keluarkan oleh Pengadilah Agama, terdiri dari 2 orang laki-laki dan 18 0rang perempuan. “ Ungkap Nurdin. 

“ mari jaga anak perempuan kita, saudara perempuan kita, agar terhindar dari pernikahan dibawah umur, karena menurut data perempuanlan yang banyak menikah dibawah umur,” pungkas Poiyo. 

Rapat diikuti oleh Kepala Dinas Ksehatan dr. Sadly Mokodongan, Camat Posigadan, Harmin Manoppo, S.Pd, Kapolsek Pinolosian IPTU, Muhamad Syarif Gobel, Perwakilan dari Danramil, Kepala Puskesmas Sinobayuga, Sangadi- sangadi setempat dan PPK Desa serta diakhiri dengan penandatangan penggalangan komitmen puskesmas sinombayuga . (ET)

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -