Bimas Islam

Kemenag Bolsel Sukses Gelar Akselerasi Sertifikat Halal On The Spot

Minggu, 5 Mei 2024 06:43 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag)-- Sabtu (04/05), bertempat di Pantai Tersakiti Desa Pinolantungan Kec. Bolaang Uki, Kantor Kementerian Agama(Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Melalui Pendamping Proses Produk Halal (PPH) sukses menggelar sosialisasi dan akselerasi sertifikat halal produk makanan dan minuman on the spot serentak di 3000 desa wisata se- Indonesia.

Kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah mengakselerasi sertifikasi halal bagi produk makanan dan minuman di destinasi wisata melalui kolaborasi antara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) dan Kedeputian Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam giat Wajib Halal Oktober 2024 (WHO-2024).

Pantai tersakiti merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Bolsel yang juga menjadi titik lokasi terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut dengan  menghadirkan para pelaku usaha produsen produk makanan dan minuman disekitar destinasi wisata serta Aparat Desa setempat.

Sosialisasi ini meliputi (1) Kampanye Wajib Halal Oktober 2024, (2) Sosialisasi dan Edukasi Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha, (3) Layanan Pendaftaran Sertifikasi Halal on the spot atau di lokasi, (4) Layanan Konsultasi Jaminan Produk Halal, dan (5) Coaching Clinic.

Fajrhia Folaimam selaku Pendamping PPH mengatakan bahwa kegiatan Akselerasi Sertifikat Halal ini berjalan dengan lancar dan sukses " almdulillah, kegiatan berjalan sukses Saya  berharap  semua para pelaku usaha sebelum bulan oktober semua sudah mendaftarkan produk mereka untuk pengurusan sertifikat halal," tutur fajhria.

Melalui via WhatsApp, Ketua Satgas Halal Kabupaten Bolsel yang juga sebagai Kasi Bimas Islam H. Moh Zulkifli Latoale, mengatakan kegiatan ini merupakan  perdana yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan untuk kab. Bolsel di pusatkan di desa pinolantungan Pantai Tersakiti, insya Allah kedepannya akan bekerjasama dengan instansi terkait pemkab Bolsel dan akan berkembang ke tempat wisata lainnya yang ada di kab. Bolsel.(hms)

 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -