Sekretariat

Kemenag Bolsel Laksanakan Shalat Jum'at di Mushola An-Namira

Jumat, 26 Mei 2023 21:30 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Kantor Kementerian Agama (Kan Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melaksanakan sholat jum'at di Mushola An-Namira Kantor Kemenag Kab. Bolsel,  jum'at (26/05).  

Adapun yang bertindak sebagai Khotib adalah  Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah ( Kasi PHU)H. Achmad Ma'sum Maspeke, S.Ag.  dengan membawakan khotbah yang berjudul "Sucikan Hati Pergi Haji ke Tanah Suci". Diawal khutbahnya Ma'sum mangatakan bahwa bekal yang paling baik bagi jamaah haji adalah takwa.

"Sesungguhnya Ketakwaan kita tingkatkan dan kuatkan melalui wujud komitmen menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Mengapa takwa menjadi poin utama untuk senantiasa ditingkatkan? Karena takwa menjadi bekal yang paling baik dalam mengarungi kehidupan ini. Takwa juga merupakan bekal yang paling baik bagi saudara-saudara kita yang akan pergi menunaikan rukun Islam yang kelima yakni ibadah haji," ungkap Ma'sum. 

kepada mereka yang akan berangkat haji untuk menyiapkan bekal dengan baik dan menghindari larangan-larangan selama menjalankan ibadah haji.  

"Dalam Al-Qur'an ditegaskan juga bahwa orang-orang yang sedang mengerjakan haji dilarang bersetubuh, mengucapkan kata-kata keji, melanggar larangan-larangan agama, berolok-olok, bermegah-megah, bertengkar, dan bermusuhan. Semua perhatian semata-mata ditujukan untuk berbuat kebaikan. Hati dan pikiran jamaah haji hanya tercurah kepada ibadah, mencari keridhaan Allah, dan selalu mengingat-Nya," Sambungnya 

Selanjutnya Maspeke mengungkapkan bahwa Ibadah haji menjadi impian setiap muslim karena menjadi satu dari lima ibadah yang akan menyempurnakan Islam.

" Dengan menyempurnakan Islam kita, maka secara otomatis kita menyatakan pengakuan bahwa kita adalah hamba Allah yang memang diciptakan ke dunia tidak lain untuk beribadah kepada-Nya. Selain itu, komitmen menyempurnakan keislaman dengan berangkat haji juga merupakan wujud syukur atas rezeki yang telah dianugerahkan Allah yang kemudian digunakan untuk hal-hal yang diridhai-Nya. Yakinlah, harta yang kita keluarkan di jalan Allah, diiringi rasa bersyukur tidak akan mengurangi harta yang kita miliki. Justru sebaliknya, Allah akan menambahkan terus nikmat dan rezeki kepada kita dari jalan yang tidak disangka-sangka jika kita menggunakan harta kita untuk kepentingan ibadah," ungkap Maspeke diakhir khotbahnya. 

Sedangkan yang bertindak sebagai imam pada sholat jum'at yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolsel Drs. Nasri Sakamole, M.Si dengan Jemaahnya  yaitu seluruh ASN Kemenag Bolsel, Anggota Polres Bolsel dan Para Calon Jamaah Haji Bolsel tahun 2023.

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -