Bimas Islam

Kemenag Bolsel Ikuti Zoom Meeting Laouncing KMB secara Nasional

Kamis, 27 Juli 2023 07:35 WIB
  • Share this on:

Bolsel (Kemenag) - Kantor Kementerian Agama Kab. Bolaang mongondow Selatan (Bolsel) melalui Seksi Bimas Islam pada Rabu (26/7) mengikuti zoom meeting dalam rangka Lounching Kampung Moderasi Beragama (KMB) secara nasional. Berlangsung di Aula PLHUT Kantor Kemenag Bolsel diikuti Pemerintah Daerah Kab. Bolsel yaitu Asisten III Rikson Paputungan, S.Pd., M.Pd, Kabag Kesra Arfan Djafar. S.Pd, Kasi Pendis Sri Nangsi Makalalag, S.Pd., M.Pd, Kasi Bimas Islam H. Moh. Zulkifli Latoale, Ketua MUI Bolsel H. Mohammad. Pakaya.

Program Kampung Moderasi Beragama merupakan program dari Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau Kelurahan dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat, yang bertujuan untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kelurahan.

Hadir dalam Launching secara Nasional yakni Menteri Agama RI Hi Yaqut Holil, Wakil Menteri Agama RI Hi Saiful Rahmat Dasuki, Ketua Pokja Kemenag RI, beserta suluruh jajaran pejabat Kemenag RI.

Kegiatan yang dilaksanakan secara oneline ini diawali denga laporan KMD yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kemenag RI Prof Kamarudin Amin, ia mengatakan bahwa “Cara pandang sikap dan perilaku beragama tidak cukup hanya dinarasikan melainkan harus di praktekkan secara empiris oleh karena itu melalui Kampung Moderasi Beragama ini adalah meningkatkan toleransi beragama, kerukunan sosial, partisipasi komunitas, peningkatan kesejahteraan ekonomi, serta peran aktif pemimpin lokal dan pemuka agama setempat untuk bersama mewujudkan pengembangan Kampung Moderasi Beragama. 

Kegiatan dilaksanakan di secara nasional yang diikuti 34 Provinsi di Indoneisa dan sudah 2563 titik KMB yang telah dirintis di Indonesia termasuk 2 desa di Kab. Bolsel.

Usai laporan panitia dilanjutkan dengan orasi moderasi beragama juga disampaikan Ketua Pokja moderasi beragama Kemenag RI

Acara dilanjutkan dengan arahan sekaligus Launching KMB oleh Wakil Menteri Agama RI menyampaikan bahwa menariknya dalam program ini adalah melibatkan banyak masyarakat secara aktif dalam membangun moderasi beragama. Wamen memberikan apresiasi atas inisiasi yang luar biasa dari Dirjend Bimas Islam karena membangun sinergi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam program ini. Wamen berharap program ini dapat menjadi contoh dan isnpirasi. 

Perlu diketahui untuk wilayah Kab. Bolsel bahwa Kantor Kementerian Agama kabupaten Bolaang Mongondow Selatan telah memilih 2 Desa Sebagai Desa Perwakilan Kampung Moderasi Beragama yaitu, Desa Molibagu Kecamatan Bolaang uki, dan Desa Tolotoyon Kec. Pinolosian yang telah dilauncing bersamaaan secara nasional oleh Kemenag RI. 

Turut hadir dalam acara launcing Nasional ini, Kepala Desa Tolotoyon, Kepala Desa Molibagu beserta jajarannya, Para Pendeta, Imam desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan seluruh Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Bolsel. (Et)

 

HUMAS 

Editor:
RHanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -