Bimas Islam

Kemenag Bolsel Gelar Launching Rintisan Kampung Moderasi Beragama

Rabu, 31 Mei 2023 15:44 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Dalam rangka mendukung program Pemerintah yaitu Moderasi Beragam, Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menyelenggarakan kegiatan Launcing Rintisan Kampung Moderasi Beragam (KMB) Binaan Penyuluh Agama Islam yang dilaksanakan pada hari rabu 31 Mei 2023 yang bertempat di desa Tolotoyon kec. Pinolosian.

Turut hadir Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru, S.Pt., M.Si, Kapala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulut Sarbin Sehe, S.Ag., M.Pd.I, Kakan Kemenag Bolsel Drs. Nasri Sakamole, M.Si, Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Sulut Rikson Hasanati, S.Ag M.Pd,I, Asisten III Setda Bolsel Rikson Paputungan, S.Pd., M.Pd, Kasi Bimas Islam, Kasi PHU, Kepala KUA Se- Kab. Bolsel, Ketua MUI, Ketua PAC Ansor Pinolosian, Sangadi Desa Tolotoyon, Aparat Desa Tolotoyon, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pendeta dan Gembala Desa Tolotoyon  beserta tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Bolsel Nasri Sakamole yang dalam sambutannya memaparkan tentang alasan memilih desa tolotoyon menjadi Kampung Moderasi Beragama(KMB)"

"Di kampung ini terdapat 1524 penduduk terdiri dari 768 laki-laki dan perempuan 750 jiwa. Alasan Kemenag Bolsel memilih kampung Tolotoyon karena adanya keberagaman yang ada di desa ini, baik dari segi agama (Islam,Kristen,Hindu), suku terdapat suku gorontalo, mongondow, suku bugis, dan jawa dengan budaya yang beranekaragam, serta adanya perhatian dari pemerintah dengan memberikan insentif kepada imam desa, pendeta, para guru di sekolah minggu yang sudah di tata dalam dana desa," Ungkap Nasri.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan serta pembinaan terkait dengan Moderasi oleh Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe, yang dalam sambutannya mengatakan “ Moderasi menjadi panggung emas dalam menyikapi perbedaan, kita tidak saling mengganggu diruang-ruang publik, kita tidak saling menggangu satu sama lain, tidak saling memaksakan satu sama lain, pada aspek ruang privat ini harus dijaga dengan baik sehingga tidak bersentuhan dengan ruang publik, agar tolerasi dan kerukunan akan semakin membaik.” Ujarnya.

Dikesempatan yang sama Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, juga mengatakan bahwa dengan adanya kampung moderasi beragama ini menjadi tugas kita bersama untuk menjaga nilai-nilai kesatuan, “mari kita jaga nilai-nilai kesatuan di Bolsel, karena saya yakin dan percaya bahwa di bolsel dengan berbagai macam suku dan budaya mampu menjaga kedamaian dan keamanan, saya ucapkan terimakasih kepada kakanwil karena bolsel menjadi desa kedua di Sulawesi Utara menjadi Kampung Moderasi Beragama,” kata Kamaru.

Acara louncing rintisan kampung moderasi beragama ini ditandai dengan penandatangan deklarasi KMB oleh Bupati Bolsel, Kakanwil Kemenag Sulut, Kakan Kemenag Bolsel, dan pihak-pihak terkait serta masyarakat desa Pinolosian. ( Et)   

 

Kontributor : Elen Tontoli 

Editor:
rahmathanna

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -