Bimas Islam

Kemenag Bolsel Bacakan Doa Qunut Nazilah pada Shalat Zuhur Berjamaah

Senin, 13 November 2023 12:37 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Kantor Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan menggelar Qunut Nazilah pada pelaksanaan sholat zuhur di Mushola Annamira untuk mendoakan warga Palestina yang terkena dampak serangan zionis Israel, Senin (13/11) 

Pelaksanaan qunut nuzilah ini sesuai dengan Edaran Mentri Agama tentang aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina. Edaran tersebut terbit dengan No SE. 12 Tahun 2023.

Edaran itu ditujukan kepada pejabat Eselon I Kementerian Agama, pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Kepala Madrasah dan Kepala Satuan Pendidikan Keagamaan, serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama.

Edaran ini juga ditujukan kepada Ketua/Pimpinan Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan Keagamaan, Pengelola Rumah Ibadah, dan seluruh umat beragama.

Diketahui saat ini perhatian dunia tertuju pada serangan Israel terhadap Palestina yang memakan banyak korban jiwa. 

Kepala Kantor Kemenag Drs. Nasri Sakamole, M.Si mengatakan, qunut Nazila akan dilaksanakan pada shalat lima waktu sebagai wujud solidaritas, kepedulian, dan keprihatinan terhadap kondisi rakyat Palestina "ujar Sakamole. 

 Pelaksanaan Salat Zuhur dan Qunut Nazilah dipimpin Ustad Ilham Mudzafar Lobud, S.HI dan ikuti oleh Seluruh Pegawai ASN di lingkungan Kantor kemenag dan Sebagian Anggota Polres Bolsel.  

Qunut Nazilah merupakan doa yang dilakukan dalam shalat untuk memohon pertolongan dan perlindungan Allah swt terhadap umat Muslim yang sedang mengalami kesulitan, penindasan, atau musibah. 

Doa ini dapat dilakukan di berbagai waktu, terutama dalam shalat sunnah atau shalat wajib, seperti shalat Subuh. Mengenai dukungan untuk Palestina, konflik di wilayah tersebut telah berlangsung selama bertahun-tahun, dengan banyak penduduknya yang terus menghadapi penderitaan akibat konflik bersenjata dan ketidakstabilan politik. 

qunut nazilah pernah diamalkan oleh Rasulullah saw, selama sebulan ketika kehilangan para sahabatnya di Bi’r Mu‘anah. Qunut nazilah ini dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir di setiap shalat wajib yang lima waktu. (Et)

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -