PHU

Kasi PHU Kemenag Bolsel Sentil Persoalan Haji Pada Kultum Ba'da Zuhur

Senin, 12 Juni 2023 12:45 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag), Bertempat di Mushola An-Namira Kantor Kementerian  Agama Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Kasi PHU H. Achmad Ma’sum Maspeke, S.Ag menyampaikan kultum  ba’da zuhur. Senin (12/06).

Dalam kultumnya, Kasi PHU menjelaskan tentang pelaksanaan ibadaha haji, menurutnya ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah mampu, baik secara materi,fisik dan sebagainya.

“ Alquran Al-Karim secara tegas menyebutkan bahwa Allah SWT mewajibkan ibadah haji hanya kepada mereka yang mampu untuk berangkat haji. Maka mereka yang tidak masuk dalam kategori mampu, tidaklah diwajibkan untuk mengerjakan ibadah haji, sebagaimana dalam QS. Al-Imran :97  yang artinya “mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam,” Jalasnya

lebih lanjut  beliau membahas konsep isthitha'ah atau seseorang yang mampu melaksanakan ibadah haji Berdasarkan segi ekonomi, mampu membayar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang ditentukan oleh pemerintah. Biaya haji yang dibayarkan bukan berasal dari satu-satunya sumber kehidupan yang apabila sumber kehidupan itu dijual terjadi kemudharatan bagi diri dan keluarganya. Serta memiliki biaya hidup bagi keluarga yang ditinggalkan saat berhaji.

“ Biaya setoran awal haji tahun ini berkisar sebanyak 25 juta, diangka nominal ini coba bapak-ibu bayangkan kembali dengan hasil yang kita peroleh selama kita bekerja bisa ditabung untuk mendaftar haji, lngat bahwa daftar tunggu untuk haji sekitar 17-18 tahun, maka upayakan untuk bagaimana bisa mendaftarkan diri dari sekarang, masa kita bisa melakukan kredit untuk barang yang kita inginkan, apa tidak bisa menabung untuk pelaksanaan ibadah?” kata Ma’sum menutup kultumnya.

Turut hadir dalam salat zuhur ini, seluruh pegawai Kemenag Bolsel serta anggota Polres Bolsel.(Et)

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -