PHU

Kasi PHU Kemenag Bolsel Bertindak Sebagai Khotib Sholat Gerhana Matahari

Kamis, 20 April 2023 15:51 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) --  Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah ( Kasi PHU) Kantor Kemenag Bolsel H. Achmad Ma'sum Maspeke, S.Ag. bertindak sebagai khotib pada sholat gerhana matahari  bertempat di masjid Uswatun Hasana  desa Ikhwan, Kab Bolmong, kamis (20/04). 

Dalam Khotbanya menjelaskan bahwa peristiwa seperti pada hari ini dikenal dengan istilah Gerhana. Tepatnya Gerhana Matahari Hibrida, hanya saja lintasan Gerhana Matahari Cincin tidak melewati Indonesia. Menurut pengamatan dalam Ilmu Falak atau Astronomi, wilayah Indonesia hanya mengalami Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Sebagian. 

Islam mengajarkan bahwa Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan adalah peristiwa astronomi yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah. Tidak berkaitan dengan nasib buruk seseorang atau suatu negara. 

"Sejumlah peristiwa Gerhana Matahari telah terjadi di Indonesia, baik Gerhana Matahari Total, Gerhana Matahari Sebagian, Gerhana Matahari Cincin, Gerhana Bulan Total, maupun Gerhana Bulan Sebagian. Peristiwa Gerhana tersebut harus disikapi secara ilmiah dan dituntunkan untuk berdzikir melalui shalat Gerhana," ungkap Maspeke 

Di dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman dalam Q.S. Yâsîn ayat 40: 

Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya (orbit).

Ayat ini menjelaskan bahwa terjadinya gerhana adalah ketika matahari, bulan, dan bumi berada di satu garis lurus. Jika bulan menghalangi cahaya matahari ke bumi, maka itu adalah gerhana matahari. Jika bumi menghalangi cahaya matahari sampai ke bulan maka disebut dengan gerhana bulan. Itulah fenomena alam yang kadang terjadi. 

Peristiwa gerhana Matahari semestinya menyadarkan kita akan kebesaran Allah. Momen gerhana Matahari menjadi media untuk memperbanyak permohonan ampun, taubat, untuk kembali kepada Allah. 

"Semoga fenomena gerhana kali ini meningkatkan kedekatan kita kepada Allah SWT, membesarkan hati kita untuk ikhlas menolong sesama, serta menjaga kita untuk selalu ramah terhadap alam sekitar kita,"ajak Maspeke di akhir Khotbahnya.(Et)

 

Kontributor : Elen Tontoli 

Editor:
rahmathanna

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -