Pendis

Kasi Pendis Kemenag Bolsel Buka Dengan Resmi KSM Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2024

Senin, 1 Juli 2024 12:54 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) -- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow selatan resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolsel diwakili kasi Pendis Srinangsi Makalalag.SPd, MPd Senin, (01/07/2024)

Kegiatan yang digelar mulai tanggal  01-03 Juli 2024 di Kompleks Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bolsel, dihadiri, ketua Komite KSM, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta bersama guru pembimbing Madrasah se Kabupaten Bolsel, proktor, teknisi serta peserta KSM tingkat MI, MTs dan MA.

Srinangsi Makalalag S.Pd. MPd  dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah gelaran nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun gairah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2024, KSM berupaya mengelaborasi sains, budaya, dan teknologi dengan konteks nilai-nilai Islam. Berdasarkan pemikiran tersebut, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Isam pada tahun 2024 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu akan dimulai dari KSM tingkat Satuan Pendidikan, KSM tingkat Kabupaten/Kota, KSM tingkat Provinsi hingga KSM tingkat Nasional.

Dengan Mengusung tagline baru Madrasah "Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia" Pelaksanaan KSM tahun 2024 ini mempunyai beberapa distingsi, diantaranya adalah kompetisi yang bersifat merit-based yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai pertimbangan penilaian. Selain itu, KSM 2024 menambahkan kompetisi beregu di mana penekanan diberikan  merupakan hal penting dalam kegiatan saintifik di Abad 21. 
KSM 2024 juga meneguhkan rekognisi madrasah yang lebih baik. 


Kegiatan pembukaan KSM diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh pak Ikhlas Abas, S.Kom.

Kasi pendis Kemenag Bolsel berharap kepada seluruh peserta KSM mari kita fokus dalam beberapa hari ke depan karena kalian adalah perwakilan dari Madrasah masing-masing, tunjukkan kemampuan terbaik kalian dan semoga kepada seluruh peserta KSM diberi kemampuan untuk menjadi terbaik membawa nama harum bagi Madrasahnya di tingkat provinsi bahkan Nasional. Begitu pula dengan harapan yang sama kepada seluruh kamad, tenaga pendidik, pendamping dan guru mapel yang dilombakan agar lebih serius, tetap membimbing para peserta mengikuti KSM setiap tahunya, karena kegiatan ini bisa terlihat mutunya serta kualitas, dan kepada panitia saya harapkan hal hal teknis yang diperlukan dalam perlombaan ini agar di siapkan dengan baik dan melakukan antisipasi yang di perlukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan KSM ini. 


Dan kepada seluruh Kepala Madrasah  kami mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas pendampingan dan atensinya. Saya juga berharap apa yang menjadi kebutuhan dari peserta kita agar kita pikirkan solusi solusinya. Jika kita mengalami kendalah, yang terpenting adalah kita bangun kerjasama dengan berkoordinasi secara berjenjang dan ini merupakan prasyarat untuk kita bersama sama menunjukkan bahwa Madrasah di Kabupaten Bolsel bisa.


Ucapan Selamat kepada peserta kontingen dengan berbekal semangat dan percaya diri yang tinggi serta berkat ridho Allah SWT berharap kegiatan KSM sukses dan membawa gelar juara pungkasnya. Kasi pendis berpesan tunjukan bahwa prestasi itu tetap muncul di Bolsel, Bolsel boleh kecil dalam kuantitas tetapi harus besar dalam kualitas. Bagi siswa ini kebanggaan karena terpilih sebagai perwakilan madrasah masing-masing untuk bersaing, mempertahankan kredibilitas meraih prestasi. Pembukaan KSM di tandai dengan pengalungan tanda peserta kepada yang Mewakili  masing-masing tingkatan.

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -