Bimas Islam

Kasi Bimas Islam Kemenag Bolsel kunjungi Puspaga Kotamobagu

Jumat, 8 Desember 2023 08:20 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Kamis(07/11), Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam H. Moh. Zulkifli Latoale, S.Ag.,MH mengunjungi PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) di Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu. 

Kunjungan Kasi Bimas ini dalam rangka koordinasi agar terbentuknya PUSPAGA di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dalam kunjungannya yang di terima langsung oleh Kepala Bidang Kwalitas Hidup Perempuan dan Kwalitas Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ibu Femmy Hamel, KSM membicarakan bagaimana perosedur yang ada di PUSPAGA itu sendiri. 

PUSPAGA merupakan singkatan dari Pusat Pembelajaran Keluarga, yang memiliki tujuan sebagai unit layanan terpadu satu pintu (one stop service) masalah keluarga dan anak.

Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) jug merupakan bentuk layanan pencegahan dibawah koordinasi Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga melalui program pendidikan/pengasuhan, keterampilan menjadi orang tua,keterampilan melindungi anak, kemampuan meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga maupun penyelengaraan program konseling bagi anak dan keluarga. 

Menurut Femmy Hamel, bahwa dalam hal pembelajaran atau pembimbingan materi yang diberikan dilakukan secara terpadu dari Kemenag berkaitan dengan meningkatkan Iman dan Taqwa, hak dan kewajiba suami istri, dan Dinas Kesehatan berkaitan dengan tumbuh kembang anak secara optimal, kesehatan reproduksi stunting dan imunisasi. 

Usai berbincang-bincang bersama KaBid Femmy, Latoale menuturkan bahwa hasil kunjungan ini akan dilanjutkan dengan Dinas-dinas terkait yang adai Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, “ harapannya di Tahun 2024 PUSPAGA sudah ada di Bolsel sebagai bentuk pelayanan 1 pintu one stop servis yang melibatkan KUA, Puskesmas, dan penyuluh KB,” tutup Latoale. (ET)

 

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -