Berita

Kakankemenag Bolsel Jadi Inspektur Upacara HSN 2023

Minggu, 22 Oktober 2023 09:57 WIB
  • Share this on:

Kemenag (Bolsel - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) secara resmi menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri. Biasanya para santri di Indonesia akan melakukan upacara peringatan hari besar tersebut. 

Hari Santri sendiri merupakan sebagai momentum mengingat dan mengenang jasa para santri yang sudah berjuang untuk menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri di Masjid Istiqlal, Jakarta pada 15 Oktober 2015 silam. Penetapan itu diatur melalui penandatanganan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 terkait Hari Santri. 

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini. peringatan Hari Santri mengangkat tema "Jihad Santri Jayakan Negeri". 

Bertempat di halaman Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kab. Bolsel mengadakan upacara peringatan Hari Santri, Minggu, (22/10/2023). Kepala Kantor Kemenag Kab. Bolsel Drs. H. Nasri Sakamole bertindak sebagai Inspektur Upacara. 

Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Kemenag Bolsel dimulai dengan Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara. Persiapan pengibaran Bendera Merah Putih dan penghormatan kepada Sang Merah Putih dipimpin oleh Komandan Upacara. 

Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Agama RI pada Upacara Hari Santri Nasional 2023. 

Upacara diakhiri dengan pembacaan do'a oleh Siswa Madrasah serta Pemberian Sertifikat oleh Kakan Kemenag Kepada Penerima Sertifikat Guru Pembina KSM Waode Hamsal, S.Si, Sertifitat Halal Kantin Madrasah MTsN 1, MTsN 2 dan MIN 2 Bolsel serta pemberian bantuan Darma Wanita Persatuan Kemenag Bolsel dan ditutup dengan bersalam-salaman dengan pejabat yang hadir. 

Turut Hadir dalam upacara HSN ini yaitu Danramil 1303-08/BU Diwakili oleh Serka Jafar, Kapolres bolsel diwakili waka polres Kompol Sumaji, S.Sos, Kapolsek Bolaang uki diwakili Kasium Aipsa Dedy Zamhuri, Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki yang diwakili oleh Panitera Muhammad Mukhtar Luthfi, S.Ag., Ketua FKUB Drs. Ramin Pulumoduyo, Ketua MUI Muhammad Pakaya, Muslimat NU Risman Muhiba. (Et)

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -