Bimas Islam

Kakankemenag Bolsel Hadiri Kegiatan Rukyatul Hilal Untuk Penentuan Awal Ramadhan 1444 H

Kamis, 23 Maret 2023 08:13 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Drs. Nasri Sakamole, M.Si didampingi oleh Kasi Bimas Islam Moh.Zulkifli Latoale, S.Ag menghadiri kegiatan Rukaytul Hilal Penetapan Awal Ramadhan 1444H/2023 yang dilaksanakan oleh  Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulut Rabu (22/03), bertempat di Lt 3 Roof Top Grand Whisz Hotel MTC Manado.

Kakanwil Kemenag Sulut H. Sarbin Sehe yang hadir dan memberikan sambutan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak seperti BMKG dan Pengadilan Agama Manado yang hadir setiap tahunnya untuk bersama menjalankan tugas berkolaborasi dengan Kementerian Agama, ada yang mengamati dan satu pihak mengesahkan. 

 

Walaupun diakibatkan cuaca hujan di Manado dan sekitarnya, sehingga Hilal tidak terlihat, namun ketetapan Tim Hisab Rukyat melalui penghitungan Sistem Metode Ephemeris  menghasilkan pengamatan bahwa Hilal sudah berada diatas 3 derajat, hingga  1 Ramadhan jatuh Pada Tanggal 23 Maret 2023.

Melalui kegiatan ini Kakanwil menegaskan bahwa Pelaksanaan Ibadah bagi Umat Muslim sudah ditentukan waktu dan tempatnya, untuk itu hasil penetapan hari ini tetap mengacu pada Fatwa MUI No 2 Tahun 2004 dimana dari sebanyak 200 lebih titik di Indonesia hasilnya akan  di laporkan dan dilakukan sidang Isbath dan disahkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama. 

 

Untuk itu kakan Kemenag Bolsel mengucapkan Selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1444H dan menjalankan Ibadah puasa bagi seluruh Umat Islam di Sulawesi Utara khususnya untuk masyarakat semoga kita semua diberikan Allah kesehatan dan keafiatan dlm menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H, dengan harapan kita semua tergolong orang orang yang muttaqin (Et). 

Kontributor : Elen Tontoli

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -